Pesawat T-50i Jatuh, Penerbangan Sipil Tetap Normal

Puing pesawat TNI AU T-50i yang jatuh di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id - GM Angkasa Pura I, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama memastikan, penerbangan sipil tetap berjalan normal meski ada musibah jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle pada pukul 09.55 WIB.

Menurut dia, penerbangan sipil tetap berjalan sesuai jadwal. "Tidak ada gangguan terhadap penerbangan sipil atau komersil," ujarnya, Minggu, 20 Desember 2015.

Agus menjelaskan, meski tak mengganggu penerbangan sipil karena lokasi jatuhnya pesawat jauh dari runway, namun insiden tersebut tetap membuat sejumlah penerbangan mengalami delay beberapa saat. "Memang ada delay pada jam itu, tapi tidak lama dan calon penumpang memakluminya."

Dari informasi yang diperoleh VIVA.co.id di lapangan acara Gebyar Dirgantara Hari Ulang Tahun Sekolah TNI AU ke 70 langsung dihentikan. Para calon penonton yang datang berduyun-duyun ingin melihat atraksi pesawat dan ingin tahu pesawat jatuh dilarang masuk ke area bandara.

Sebelumnya, Komandan Lapangan Udara Adisucipto, Marskal Pertama Imran Baidirus mengklaim, pesawat T-50i yang jatuh dalam atraksi Jogja Air Show dalam kondisi layak terbang. "Kondisi pesawat maupun awak pesawat dalam kondisi layak untuk terbang," ujar Imran saat berbincang dengan tvOne, Minggu, 20 Desember 2015.

(mus)