Penilaian Kinerja Kementerian Dituding Cari Popularitas

Yuddy Chrisnandi
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro
VIVA.co.id - Penilaian kinerja kementerian yang dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi dituding sebagai upaya untuk mendongkrak popularitas.

"Nuansa-nuansa ini, rasanya nuansa untuk mencari popularitas saja. Bisa saja salah satu menteri mencari popularitas, untuk mengkoreksi dengan menaikkan kementeriannya pada posisi-posisi tertentu," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Agus Hermanto, Rabu 6 Januari 2016.

Menurut Agus, berdasarkan tugas pokok dan fungsi, maka evaluasi kinerja kementerian bukan lah wewenang dari Kemenpan-RB. Terkecuali hal itu memang diinstruksikan langsung oleh presiden.


"Job desknya ataupun tupoksinya Kementerian PAN itu tidak melaksanakan koreksi ataupun evaluasi dari masing-masing kementerian," jelas Agus.


Karena itu, jika memang ada penunjukkan langsung dari presiden atas tugas evaluasi tersebut. Maka seharusnya, Menpan-RB Yuddy Chrisnandi harus menunjukkannya ke publik.


"Kalau perintah langsung seyogyanya dengan suratnya juga ditunjukkan, kepada media juga ditunjukkan, sehingga dia bekerja itu memang ada perintahnya," ungkap Agus.