Sepanjang 8,8 Kilometer Jalur Trans Poso Masih Tanah

Kondisi jalan rusak di jalur Trans Poso Sulawesi Tengah yang mengalami kerusakan parah, Rabu (29/6/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aldrim Thalara

VIVA.co.id – Jalan sepanjang 8,8 kilometer yang menjadi jalur alternatif penghubung antara Kota Poso-Tentena dan Bada di Sulawesi Tengah rusak parah. Badan jalan Trans Poso itu masih bertanah, licin dan memiliki genangan lumpur.

Tak cuma itu, jalan penghubung antar kecamatan yang kerap digunakan para pengendara ini juga rawan longsor sehingga membahayakan pengendara yang melintas sewaktu-waktu. Terutama saat musim penghujan tiba.

"Saya menunggu sejak pagi dan sudah dua hari saya lalui jalan ini masih seperti ini,” ujar seorang pengendara, Iwan, yang sedang terjebak kemacetan di jalur Trans Poso, Rabu, 29 Juni 2016.

Pejabat Pelaksana Tehnik Kegiatan (PPTK) Darma Bakti yang ditemui di lokasi mengaku masih mengupayakan perbaikan ruas jalan tersebut. Menurutnya, kendala terbesar dalam pekerjaan itu dikarenakan tingginya curah hujan disertai dengan struktur tanah yang labil. "Pembangunan jalan harus kita mulai dari nol dan bukan tambal," kata Darma.

Dinas terkait menargetkan perbaikan pekerjaan jalan Trans Poso ini akan rampung selambatnya akhir Desember 2016. Dan kini, guna membantu pengendara, Dinas Pekerjaan Umum hanya menyediakan kendaraan khusus untuk menarik kendaraan yang terjebak dalam kubangan lumpur.

Aldrim Thalara/Sulawesi Tengah