Zulkifli Kritik Nilai-nilai Musyawarah yang Melemah

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menyoroti mulai lunturnya nilai-nilai Pancasila di kehidupan masyarakat. Padahal, menurutnya, Pancasila merupakan nilai-nilai dasar kebangsaan. 

Zulkifli menyampaikan hal tersebut dalam acara Sosialisasi Empat Pilar yang diselenggarakan Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). 

"Nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an kita mulai sedikit kita tinggalkan. Musyawarah mufakat sekarang ini melemah," ujar Zulkifli dalam keterangannya, Sabtu 22 Oktober 2016.

Zulkifli prihatin bila nilai-nilai tersebut makin melemah dan ada pembiaran, maka dia mengatakan mungkin saja Pancasila akan benar-benar memudar pada generasi penerus. Bahkan bisa lebih dari itu, nilai Pancasila bisa punah sama sekali.

Untuk itu, agar Pancasila benar-benar tetap membumi, Zulkifli mengajak Perti dan seluruh pihak untuk kembali menghidupkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sebab sosialisasi nilai-nilai konsensus berbangsa dan bernegara bukan hanya menjadi tugas MPR, tetapi semua pihak.

"Kalau kita kembali ke nilai-nilai luhur kita, aman bangsa dan negara ini. Mari kita sama-sama menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila. Tugas sosialisasi nilai-nilai kebangsaan bukan lagi tugas MPR semata, tapi seluruh masyarakat," kata dia.