Cawapres Ideal Jokowi Menurut PDIP

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Politikus PDIP, Maruarar Sirait menilai calon Wakil Presiden Jokowi yang ideal harus mampu mengamankan elektabilitas dan memiliki kecocokan dengan Jokowi.

"Pertama elektabilitas. Kalau Jokowi tidak aman dia harus punya wakil yang bisa mengamankan elektabilitas. Karena menang itu penting selain apa manfaatnya. Kedua, kecocokan," kata Maruarar di Hotel Atlet Century, Jakarta, Jumat 23 Maret 2018.

Menurutnya, dalam bekerja tentu Presiden butuh nyaman dengan wakilnya, saling menghargai, dan mendukung. Kalau wakil Jokowi memiliki dua kriteria itu, maka dianggap sebagai hal yang sempurna.

"Lalu apa konsepnya Pak Jokowi 2019-2024? Apakah dia mencari wakil yang bersama hingga 2024 ataukah visi jauh ke depan bahwa wakilnya bisa meneruskan tongkat estafet? Itu adalah empat poin yang saya yakin Jokowi, kawan saya, akan berpikir matang dan dalam," kata Maruarar.

Saat ditanya soal calon Wakil Presiden dari partai pendukung Jokowi, ia menyadari memang banyak partai yang mendukung Jokowi. Sehingga pasti para pendukung memiliki alasan ideologis dan praktis soal sosok yang layak sebagai cawapres.

"Siapa sih partai yang mau kalah, saya kira itu. Parpol juga pasti mau menang. Memang Jokowi sangat punya potensi untuk menang," kata Maruarar