Ganjar dan Sudirman Said Bakal Lakoni Debat Pamungkas

Debat Cagub dan Cawagub Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA / Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Dua pasang calon Pilgub Jawa Tengah, bakal melakoni debat terakhir di Hotel Patrajasa Semarang, Kamis 21 Juni 2018. Debat ketiga tersebut mengambil sub tema hukum, demokrasi, dan kawasan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo menyampaikan, telah mempersiapkan dengan matang pelaksanaan debat terakhir calon gubernur dan wakil gubernur.

"Persiapan kami, sudah seratus persen matang. Teknisnya sudah dimatangkan oleh panelis. Di sesi ketiga ini, kami membuat empat tema besar sebagai bahan utama debat cagub Jawa Tengah, " kata Joko, Rabu 19 Juni 2018.

Joko menyebutkan, untuk sub tema debat cagub, KPU menyusun tema Hukum Demokrasi dan Kawasan. Debat ketiga kembali digelar di Ibu kota Jateng, setelah debat kedua berlokasi di Solo.

"Lokasinya di Patrajasa Semarang. Koordinator debatnya Nur Sahbini," ucapnya.

Joko berharap, debat cagub ketiga bisa berjalan sukses dan lancar. Di mana, debat pamungkas akan menjadi penyampaian visi dan misi dua paslon, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin, serta Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Pihaknya pun mengaku tak khawatir dengan adanya potensi kegaduhan, saat debat berlangsung nanti. Sebab, jauh-jauh hari sudah berkoordinasi dengan Polda Jawa Tengah, untuk meminta bantuan pengamanan lokasi acara dengan menempatkan personel-personel tambahan.

"Potensi kerusuhan debat terakhir, mungkin tidak ada. Kita sudah koordinasi terus dengan Polda, " katanya.

Pilgub Jawa Tengah akan akan digelar 27 Juni 2018. Ada dua paslon yang akan berebut Jateng satu, yakni calon bernomor urut 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin. Mereka diusung partai koalisi PDIP, PPP, Partai NasDem, dan Partai Demokrat. Lalu, paslon nomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung koalisi Partai Gerindra, PKS, PAN, dan PKB. (asp)