Pemprov Jabar Bantah SBY soal Penggeledahan Rumah Demiz

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo

VIVA – Pemerintah Provinsi Jawa Barat membantah melakukan penggeledahan terhadap rumah dinas mantan wakil gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar yang saat ini maju sebagai calon gubernur di Pilgub 2018. Pemprov Jabar merespons pernyataan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono soal penggeledahan Pemprov Jabar era Penjabat Gubernur M. Iriawan.

Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Pemrov Jabar, Dedi Apendi menjelaskan, rumah dinas yang berlokasi di Rancabentang Kota Bandung tersebut sudah diserah terima kepada Biro Umum pada 14 Februari 2018 dengan berita acara nomor surat 032/04/Um.

"Yang terjadi sebenarnya adalah saya melaporkan kepada Penjabat Gubernur (Iriawan) dan mengajak beliau meninjau sebelas aset yang dikelola bagian rumah tangga pada kamis lalu. Salah satunya rumah dinas untuk wakil gubernur mendatang," ujar pria yang akrab disapa Depen itu kepada wartawan, Sabtu malam 23 Juni 2018.

Depen menekankan, selain aset tersebut Pj Gubernur Jabar juga meninjau aset lainnya yaitu lapangan Gazibu, Gor Saparua, rumah dinas gubernur (Pakuan). Dia menegaskan kembali bahwa hal yang dilakukan Pemprov Jabar bukan penggeledahan.

"Saya harus melaporkan kepada beliau, karena kepala daerah adalah pemegang kekuasaan pengelolaan barang milik daerah. Itu artinya sejak 14 Februari 2018 rumah dinas Pak Deddy Mizwar sudah diserahterimakan ke Biro Umum Pemda Provinsi Jawa Barat. Bukan penggeledahan itu pak," jelasnya.

Foto: Pj Gubernur Jabar M. Iriawan (kiri).

Sebelumnya, SBY kecewa karena adanya tindakan berat sebelah pihak pemerintah kepada pasangan calon gubernur-wakil gubernur Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi menjelang pencoblosan Pilkada Jabar pada Rabu, 27 Juni 2018.

Baca: SBY Geram Iwan Bule Geledah Rumah Deddy Mizwar

SBY menyebut tindakan berat sebelah itu dilakukan pemerintah Provinsi Jawa Barat di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Komjen Pol M Iriawan?.

"Di Jawa Barat yang baru saja dengar, apa harus rumah dinas mantan wakil gubernur digeledah, diperiksa Penjabat (Pj) Gubernur. Kalau tidak salah sekarang merembet ke rumahnya calon wakil gubernur," ujar SBY di Bogor Jawa Barat, Sabtu 23 Juni 2018.