Demokrat Minta Roy Suryo Temui Kemenpora soal Bawa Aset Negara

Roy Suryo.
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengatakan partainya telah melaksanakan rapat membahas Roy Suryo yang belum mengembalikan barang milik negara saat menjadi Menpora. Mereka khawatir hal ini menjadi isu negatif bagi Demokrat dalam pilpres 2019.

"Kami membahas langkah-langkah yang harus kita ambil untuk menyelesaikan masalah ini, karena kami khawatir ini menjadi negatif isu terhadap partai Demokrat 2019 nanti. Paling utama adalah Roy Suryo diberikan waktu 7 hari untuk menyelesaikan masalah ini," kata Ferdinand di kediaman Ketua Umum Demokrat, Jakarta, Minggu 9 September 2018.

Ia menambahkan, Roy diminta untuk segera bertemu dengan pihak Kemenpora, dan BPK melakukan klarifikasi barang apa saja yang dibawa pulang. Ia menambahkan kalau memang dibawa pulang, maka harus dikembalikan. Kalau tidak benar dibawa pulang, maka harus disampaikan ke Kemenpora.

"Pesan Pak SBY apabila itu benar dibawa pulang maka Roy Suryo harus diperintahkan segera mengembalikannya kepada Pemerintah. Tetapi apabila tidak benar juga maka pihak Kemenpora juga harus membersihkan nama Pak Roy Suryo," kata Ferdinand.

Ia mengatakan Ketua Dewan Kehormatan Demokrat Amir Syamsuddin juga sudah menghubungi Roy  untuk melaksanakan langkah-langkah keputusan rapat tersebut. Sebab masalah terkait Roy ini dianggap penting.

"Harus diselesaikan dan dicarikan solusinya, maka kami melakukan rapat kemarin yang dihadiri dan dipimpin langsung oleh ketua umum, dewan kehormatan ada Pak Amir Syamsuddin, Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan Pak Pramono Edi, dewan pertimbangan ada EE Mangindan, kami sendiri sebagai ketua divisi advokasi dan hukum ya," kata Ferdinand.