Dana Kampanye Rp2 Miliar, Koalisi Prabowo: Kenapa Dipersoalkan

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN, Viva Yoga Mauladi
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Juru Bicara Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga, Viva Yoga Mauladi mengatakan, dana kampanye Rp2 miliar merupakan dana awal. Pihaknya akan melaporkan dana sumbangan kampanye dan laporan akhir dana kampanye.

"Nanti akan dilaporkan ke KPU pada saat selesai pelaksaanaan Pilpres. Jadi kalau adanya Rp2 miliar, Rp1 miliar dari Pak Prabowo, Rp1 miliar dari mas Sandi ya kenapa dipersoalkan?" kata Viva, di gedung DPR, Jakarta, Senin, 24 September 2018.

Ia mengatakan, dana awal kampanye Jokowi hanya Rp11 miliar dengan status sudah menjadi Presiden. Ia mempertanyakan kenapa hal tersebut tak dipersoalkan. "Memang harus lebih dari Pak Jokowi? Kan memang keadaannya seperti itu," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Sekarang berdasarkan UU 7/2017 disebutkan (sumbangan) perseorangan sebesar-besarnya adalah Rp2,5 miliar dan untuk korporasi non BUMN sebesar-besarnya Rp25 miliar. Nanti semuanya akan dilaporkan kepada penyelenggara Pemilu secara tertib administrasi dan bisa dipertanggungjawabkan."

Ia mengajak masyarakat berpartisipasi, bisa membantu doa, materi dan immaterial terhadap program pemenangan Prabowo-Sandiaga. 

Saat ditanya soal pernyataan Sekjen PSI bahwa dana kampanye koalisinya disimpan di kardus lain, ia tak mau berpolemik. "Ya saya tidak mau menanggapi hal-hal yang memakai bahasa negatif, semoga diampuni Tuhan yang maha kuasa." (mus)