PBB Optimistis Lewati Ambang Batas Parlemen

Kader dan simpatisan Partai Bulan Bintang
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA – Partai Bulan Bintang (PBB) optimistis dapat memperoleh minimal 6 persen suara untuk melampaui ambang batas parlemen di Pemilu 2019. Hal ini dikemukakan Ketua Komite Aksi Pemenangan Pemilihan Umum (Kappu) DPP PBB Yusron Ihza Mahendra. 

Menurut dia, untuk dapat menempatkan wakilnya di Senayan, PBB harus mampu melampaui ambang batas 4 persen suara. "Kesepakatan kami, target yang ingin kami capai adalah 6 persen. Alhamdulillah, kalaupun melorot, hanya melorot sedikit. Jadi angka 6 persen itu merupakan keputusan rakernas kita," kata Yusron, Jumat, 30 November 2018.

Yusron menyadari, untuk mencapai target tersebut bukan pekerjaan mudah. Namun, dia meyakini jika para caleg dapat bekerja semaksimal mungkin, hasil tersebut bukan hal yang mustahil.

Selain itu, Yusron menegaskan, PBB akan memaksimalkan dukungan suara di Pulau Jawa, terutama di daerah yang selama ini menjadi lumbung suara PBB. Seperti di Jawa Barat, Aceh, NTB, hingga Bangka Belitung.

"Tentu Pulau Jawa. Susah atau gampang, berat atau ringan tentu menjadi prioritas kami. Untuk mendapat 8 juta suara, Pulau Jawa tidak mungkin kita abaikan. Tetapi kalau kita bicara kantong-kantong, Jawa Barat merupakan salah satu kantong suara kita," ujarnya.

PBB menargetkan minimal dua kursi di Jawa Barat. Kemudian disusul provinsi-provinsi lainnya dari seluruh Indonesia. Dengan demikian, PBB dapat memenuhi ambang batas parliamentary threshold sebesar 4 persen untuk masuk ke Senayan.

Saat ini, hal yang dilakukan PBB adalah sekaligus melakukan pemetaan kekuatan lawan-lawan politik. Khususnya, terhadap lawan politik yang memiliki platform sama dengan PBB yang mengusung Partai Islam.

"Kita pernah punya dua menteri, satu ketua MK, duta besar, dan lain-lain. Namun sampai dengan hari ini Alhamdulillah tidak ada satu pun yang tertangkap dan dipenjara karena korupsi. Itu salah satu poin kami yang kami jual," ujarnya.