Dukungan Partai Bulan Bintang Dinilai Mampu Ubah Stigma pada Jokowi

Ketua Umum PBB, Yusrill Ihza Mahendra.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Partai Bulan Bintang atau PBB, secara resmi memutuskan mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 

Meski dianggap suara dari partai pimpinan Ketua Umum Yusril Ihza Mahendra itu tidak signifikan, namun diklaim mampu mengubah stigmasi selama ini bahwa Jokowi anti Islam, karena PBB adalah partai yang secara tegas mengusung Islam. 

"Secara elektoral tak begitu signifikan menambah dukungan, hanya secara branding bisa mengikis stigma Jokowi anti Islam,” ujar Analis Politik IndoStrategi, Arif Nurul Imam, saat dihubungi, Selasa 29 Januari 2019.

Arif mengatakan, meski PBB suaranya pada pemilu 2014 tidak mencapai ambang batas parlemen sehingga tidak bisa menempatkan wakilnya di DPR, tetapi masih berpengaruh pada persepsi publik ke Jokowi. 

Meski begitu diakuinya di internal PBB sendiri tidak satu suara dengan keputusan ini. Apalagi simpatisan dan akar rumput, yang menurutnya banyak juga yang tidak patuh pada keputusan partai. 

“Dukungan PBB ke paslon Jokowi-Ma'ruf tidak akan solid, dalam arti termasuk simpatisan partai. Kalau pengurus dan caleg mungkin akan mengikuti keputusan ini, tapi simpatisan kemungkinan banyak yang tidak tunduk keputusan partai,” ucapnya.