Muchdi Pr Dukung Jokowi, Priyo Konsultasi ke Tommy Soeharto

Siti Hediati Hariyadi (kedua dari kanan) dalam deklarasi bersama para petinggi Partai Berkarya pimpinan Tommy Soeharto di Kemusuk, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA – Wakil Ketua Umum Partai Berkarya Muchdi Purwoprandjono menyatakan mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Sikap politik ini berlawanan dengan Partai Berkarya yang resmi mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Merespons hal itu, Sekretaris Jenderal DPP Berkarya Priyo Budi Santoso mengatakan sudah mengetahui dan mendengar kabar tersebut. Namun, ia akan berkonsultasi terlebih dulu dengan Ketua Umum Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto.

"Soal Pak Muchdi, saya sudah tahu. Ini saya akan konsultasi sebentar dengan Pak Ketum dulu. Biar nyaman sikap kami," kata Priyo saat dihubungi, Senin, 11 Februari 2019.

Sementara, Ketua DPP Berkarya Badaruddin Andi Picunang mengatakan sikap tersebut merupakan atas nama pribadi eks Komandan Jenderal Kopassus tersebut. Kata dia, meski Muchdi juga menjabat Anggota Majelis Tinggi Partai Berkarya.

"Itu adalah dukungan pribadi bukan dukungan atas nama Partai Berkarya," kata Badar dalam pesan singkatnya.

Dia menegaskan posisi Partai Berkarya tetap mendukung pasangan Prabowo-Sandi. Komitmen Berkarya adalah memenangkan pasangan nomor urut 02 itu Pilpres 2019. "Partai Berkarya tetap berada di barisan pemenangan capres 02," tutur Badar.

Sebelumnya, Muchdi Pr lewat video yang beredar di menegaskan alasannya mendukung Jokowi. Salah satu alasannya karena keberhasilan Jokowi dalam membangun infrastruktur mulai jalan tol, pelabuhan, hingga bandar udara.

Dalam video itu, Muchdi mengenakan baju 01 Jokowi-Amin. Diduga Muchdi berbicara di sela-sela acara suatu dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin.

"Yang pertama saya melihat pak Jokowi ini sudah berbuat banyak selama lima tahunnya. Pembangunan yang dirasakan masyarakat, masalah jalan tol, pelabuhan, airport, dan masalah-masalah lainnya. Setelah 15 tahun Reformasi itu tidak dilakukan oleh presiden siapapun. Oleh karena itu, saya memilih Jokowi sebagai calon presiden 2019 mendatang," tutur Muchdi dikutip dari video, Senin, 11 Februari 2019.