Sudirman Said Tuding Jokowi Bertemu Bos Freeport, Luhut: Ngarang Itu

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Ridho Permana/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan membantah kalau Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan rahasia dengan bos dan pendiri Freeport McMoran, James R Moffet pada 2015. 

"Enggak adalah, Pak Jokowi tuh enggak ada yang diam-diam, ngarang aja itu," ujar Luhit di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019. 

Luhut juga kembali membantah apa yang dituduhkan oleh mantan menteri energi dan sumber daya mineral, Sudirman Said, yang menyebutkan bahwa agenda pertemuan Jokowi dengan Bos Freeport tidak masuk dalam agenda Sekretariat Negara. 

"Tidak ada yang diam-diam, semua itu jalan," ujarnya. 

Sebelumnya, Sudirman yang saat ini menjadi anggota Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, mengungkap pertemuan rahasia yang terjadi antara Presiden Joko Widodo dan bekas pimpinan pusat Freeport, Jim Moffet. Pertemuan terjadi di tengah renegosiasi perpanjangan kontrak pertambangan emas di Papua itu pada Oktober 2015.

"Saya ungkap ini karena ini hak publik untuk mengetahui dibalik keputusan ini," ujar Said dalam diskusi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Februari 2019.

Menurut Said, pertemuan berlangsung tak terjadwal di agenda presiden itu disusun Sekretariat Negara pada 6 Oktober 2015. Said yang masih menjabat Menteri ESDM kala itu, diminta ajudan presiden untuk ke Istana Merdeka, Jakarta, pada pagi.

"Sebelum masuk ke ruang kerja, saya dibisiki oleh asisten pribadi presiden, (dikatakan) 'Pak menteri, pertemuan ini tidak ada.'," ujar Said. (sah)