Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

BW: Hasil Akhir Bukan Urusan Saya, Biarlah Allah yang Menentukan

Senin, 24 Juni 2019 | 14:38 WIB
Foto :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Bambang Widjojanto

VIVA – Ketua Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto, menyatakan hasil suara dalam Sistem Informasi Penghitungan atau Situng Komisi Pemilihan Umum (KPU) seharusnya sama dengan penghitungan manual berjenjang yang jadi patokan hasil Pemilu 2019. Pria yang akrab disapa BW itu mengingatkan, Situng adalah teknologi informasi yang menjadi kewajiban KPU sesuai undang-undang untuk sosialisasi, dan akuntabilitas.

"Jadi yang namanya Situng itu memiliki legal standing dan eksistensinya dilindungi. Seharusnya, hasil di Situng itu sama dengan hasil rekapitulasi berjenjang dan ada hukum disclaimer. Disclaimer itu tidak bisa menjustifikasi seolah-olah itu justified," kata BW di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta Selatan, Senin 24 Juni 2019.

Baca Juga

BW menyebut, saat ini Situng sebagai teknologi informasi memiliki masalah. Semestinya, bisa digunakan untuk menguji metode forensik salah satunya analisis daftar pemilih tetap (DPT).

Terkait soal metode pembuktian, harus menggunakan metode sengketa di mana bukti surat menjadi utama. Lalu, keterangan saksi fakta, keterangan ahli, baru petunjuk lainnya. Kata dia, MK adalah corong konstitusi bukan corong undang-undang. Maka itu, jika bicara proses tersebut curang maka hasilnya dipertanyakan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler