Jokowi Malah Senang kalau Makin Banyak Nama Calon Menteri

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Presiden Joko Widodo mengaku masih terus mengumpulkan sejumlah nama untuk pembentukan kabinet baru pemerintahan periode keduanya.

"Bentukan kabinet belum. Tapi ini mulai masuk nama-nama [calon menteri],” katanya kepada wartawan di rumah makan ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu 28 Juli 2019.

Jokowi berterus terang senang kalau makin banyak nama kandidat, karena akan banyak pula pilihan. "Semakin banyak pilihan, akan semakin banyak alternatif dan makin baik. Memilihnya akan menjadi makin mudah," ujarnya.

Namun ketika disinggung mengenai kemungkinan perampingan kabinet, ia mengungkapkan belum sampai memikirkannya. Meski demikian, kabinetnya yang baru nanti akan lebih banyak beragam, di antaranya mengakomodasi lebih banyak kalangan muda.

Komposisi kabinet yang lebih banyak kalangan muda, katanya, penting untuk merespons perkembangan zaman yang kian cepat. “Perkembangan dunia yang dinamis yang perlu direspons secara cepat perlu energi yang energik," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (ren)