Adu Kece 4 Istri Menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

Kabinet Indonesia Maju
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin melantik 34 menteri dan 5 pejabat negara setingkat menteri pada Rabu hari ini, 23 Oktober 2019.

Dari sekian banyak menteri, nama Erick Thohir, Agus Gumiwang Kartasasmita, Nadiem Makarim dan Wishnutama, menjadi perhatian publik.

Terlepas dari kesuksesannya dalam berbisnis maupun berpolitik, dukungan keluarga tentu menjadi salah satu faktor kuat kesuksesan mereka, khususnya dukungan para istri.

Tak ayal, para istri dari 4 menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin ini juga tidak luput dari perbincangan.

Mereka adalah Elizabeth Tjandra istri Erick Thohir, Loemongga Haoemasan istri Agus Gumiwang Kartasasmita, Franka Franklin istri Nadiem Makarim, serta Gista Putri istri dari Wishnutama.

Berdasarkan data yang dikelola VIVA, berikut rangkuman aktivitas dari 4 istri menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut.

Loemongga Haoemasan

Ia dan Agus Gumiwang Kartasismita yang kini menjabat sebagai  Menteri Perindustrian, menikah pada 1998. Mereka telah dikaruniai 3 orang anak, yakni Ghaniya Kartasasmita, Gasia Kartasasmita, dan Ghibran Kartasasmita.

Nama Loemongga begitu tersohor pada era 1990-an. Ia mulai dikenal masyarakat Indonesia setelah menjadi finalis Gadis Sampul 1989. Tak hanya sebagai model, Loemongga juga mencoba peruntungan sebagai sebagai presenter televisi.

Meski sudah menjadi istri menteri, bukan berarti Loemongga berdiam diri. Ia kini sukses menjadi seorang pengusaha. Loemongga Haoemasan pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Asiana Lintas Cipta Kemang, pengembang proyek apartemen mewah di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Selain itu, ia juga menjabat sebagai Direktur Utama Asiana Group, pengembang proyek apartemen mewah di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Franka Franklin

Franka Franklin (kanan).

Istri Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tidak kalah sukses dalam berbisnis. Ia dikenal sebagai pemilik dari Tulola Jewellery. Bersama dengan Sri Luce-Rusna, ia menjalankan sebuah merek kerajinan perhiasan yang didirikan sejak 2017.

Sebelum menjalankan bisnis perhiasan, ia merupakan lulusan universitas di 3 negara, yakni Hogeschool Rotterdam di Belanda, Northumbria University di Inggris, dan Raffles Design Institute di Singapura.

Franka Franklin juga menguasai tiga bahasa, yaitu Indonesia, Inggris hingga Belanda. Ia menikah dengan Nadiem Makarim pada 2014. Kini, keduanya dikaruniai seorang anak perempuan bernama Solara Franklin-Makarim.

Gista Putri

Perempuan berusia 32 tahun ini merupakan seorang aktris berkebangsaan Indonesia. Gista Putri memiliki darah Sunda dari kedua orangtuanya yang bernama Agusdin Susanto dan Susilowati berasal dari Kuningan, Jawa Barat.

Gista Putri menyandang gelar sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti Jakarta. Meski demikian, ia lebih aktif di dunia hiburan Tanah Air. Ia dan Menteri Pariwisata/Ekonomi Kreatif, Wishnutama  sudah menjadi suami istri selama empat tahun. Hal ini membuat Gista Putri dan Wishnutama menjadi sorotan publik.

Apalagi, keduanya memiliki perbedaan usia 11 tahun. Gista Putri lahir pada 2 Agustus 1987, sedangkan Wishnutama merupakan pria kelahiran Jayapura, Papua, 4 Mei 1976, dan saat ini berusia 43 tahun.

Meski demikian, perbedaan usia yang cukup jauh tersebut nyatanya tak menghalangi romantisme antara keduanya. Pernikahannya dengan Gista Putri merupakan pernikahan yang ke-3 bagi Wishnutama. Sebelumnya, Wishnutama menikah dengan perempuan bernama Wina Widodo dan Wina Natalia, di mana di kedua pernikahan itu berujung cerai.

Elizabeth Tjandra

Elizabeth Tjandra (paling kanan). Sumber: instagram.com/agathohir

Erick Thohir menikah dengan Elizabeth Tjandra, dan dikaruniai empat anak. Mereka adalah Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir, dan Magisha Afryea Thohir.

Tak banyak informasi yang bisa didapat dari sosok Elizabeth Tjandra ini karena memang Erick Thohir jarang sekali mengekspos kehidupan pribadinya. Namun yang pasti, Elizabeth Tjandra merupakan istri Menteri BUMN yang berparas cantik.