Airlangga Hartarto Temui Prabowo, Terang-terangan Akui Bahas Kabinet

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di rumah Menteri Pertahanan itu di Jakarta, Senin, 5 Juli 2020.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di rumah Menteri Pertahanan itu di Jakarta, Senin, 5 Juli 2020.

Prabowo menuturkan, bahwa pertemuan itu bagian dari komunikasi politik karena kedua partai masuk dalam jajaran kabinet kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

"Ini pertemuan antara sahabat pertemuan komunikasi politik karena Golkar dan Gerindra sama-sama partai kebangsaan sekarang. Kita bersama-sama dalam koalisi pemerintah Kabinet Indonesia Maju di bawah Presiden Bapak Joko Widodo," kata Prabowo.

Baca: Reshuffle Akan Terjadi, Jokowi Bisa Lakukan di Juli-Agustus

Pertemuan itu, katanya, membicarakan berbagai hal soal kebangsaan dan kerja sama kedua partai, di antaranya dalam momen pilkada. "Tadi kita menukar pandangan membahas beberapa hal menyangkut kebangsaan hubungan strategis sampai kemungkinan di depan kita bagaimana kerja sama Golkar dan Gerindra, khususnya mungkin pilkada-pilkada tertentu," katanya.

"Di beberapa tempat kita cocok, di beberapa tempat kita setuju, berbeda; tidak ada masalah, ini demokrasi Indonesia yang penuh kekeluargaan, persaingan, perbedaan," ujarnya.

Tapi di ujungnya, kata Prabowo, semua komitmen pada persatuan bangsa dan kepentingan rakyat Indonesia. "Jadi kita ingin demokrasi nanti semarak tapi sejuk," katanya. 

Airlangga Hartarto menyebutkan itu adalah kunjungan balasan dari silaturahmi Prabowo yang hadir ke kantor Partai Golkar di Jakarta. Dia mengaku bahagia dapat membalas kunjungan ke rumah Prabowo, apalagi dalam suasana akrab. "Dan karena Partai Golkar dan Gerindra sama-sama di pemerintah, sama-sama mendukung di Kabinet Indonesia Maju."

Tentunya, kata dia, dalam situasi pandemi COVID-19, stabilitas politik menjadi penting dengan silaturahmi sehingga dan menyolidkan pemerintah. Dalam pertemuan yang tertutup untuk pers, mereka mengaku bertukar pikiran tentang hal-hal strategis, termasuk soal geopolitik dan pilkada. 

Tetapi, ia sepakat bahwa semua mendukung dan menjaga persahabatan, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan berjuang untuk kemajuan Indonesia. Jadi, lebih banyak persamaan daripada perbedaan.

"Dan sebetulnya tanpa resmi pun kita berbicara di kabinet juga cukup sering, tetapi di sini antarfraksi, Partai Golkar dan Fraksi Partai Grindra, silaturahmi saat ini sangat lancar. Jadi, kami mengapresiasi itu juga, dan karena itulah kami hadir di tempat ini," ujarnya.