Dukung Visi Jokowi, AHY: Saya Sangat Sepakat

Agus Harimurti Yudhoyono usai bertemu Presiden Jokowi di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Ketua Komando Tugas Bersama atau Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, menegaskan dukungannya ke Presiden Joko Widodo. AHY mendukung visi lima tahun pemerintahan ke depan termasuk fokus membangun sumber daya manusia atau SDM.

Hal ini disampaikan AHY usai menghadiri peringatan HUT RI ke-74 di Istana Merdeka, Sabtu 17 Agustus 2019. Tema yang diambil adalah 'SDM Unggul Indonesia Maju'.

"Pasti, karena saya sangat sepakat bahwa pada akhirnya, negara ini bisa hebat dan maju tadi, jika SDM nya dipersiapkan dengan baik," kata AHY.

Menurut dia, Indonesia ke depan akan menerima bonus demografi. Momen ini dengan munculnya anak muda dengan usai produktif, semakin banyak. Maka itu, dengan membangun SDM adalah langkah tepat dalam mempersiapkan Indonesia untuk menghadapi tantangan global.

"Khususnya dalam menghadapi revolusi industri gelombang keempat," ujarnya.

Terkait peluang Demokrat yang mendapatkan jatah kursi di kabinet, AHY enggan berbicara mengenai itu.

"Saya enggak mau komentar itu dulu ya. Saya ingin fokusnya di acara ulang tahun Indonesia," katanya.

Partai Demokrat hingga kini belum menentukan sikap politiknya. Meski sinyal partai berlambang mercy biru itu ngebet gabung ke pemerintahan Jokowi dengan sejumlah pernyataan elite pengurus partai.

Salah satunya yang disampaikan Wakil Ketua Umum Demokrat Nurhayati Ali Assegaf yang tak masalah dengan jika Demokrat tak dapat jatah kursi menteri. Asalkan, Demokrat bisa memperkuat pemerintahan.

Namun, sikap resmi Demokrat akan disampaikan pada 9 September 2019 atau bertepatan dengan HUT partai.