Bertemu Empat Mata dengan Bamsoet, Muzani Ngotot Mau Voting

Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Calon ketua MPR fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani telah bertemu empat mata dengan rivalnya dari fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau Bamsoet soal kursi Ketua MPR. Melalui pertemuan 10 menit, Muzani tetap ngotot ingin pemilihan melalui mekanisme voting.

"Saya tadi sudah bicara dengan Pak Bambang Soesatyo, 10 menit kami bicara. Ya itu yang kita bicarakan. Saya diminta menggunakan mekanisme mufakat, saya juga sama menggunakan mekanisme mufakat, tapi lu menyetujui gue atau gue menyetujui lu," kata Muzani di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019.

Dia menambahkan mayoritas fraksi menginginkan mekanisme musyawarah mufakat. Gerindra pun setuju dengan mekanisme musyawarah mufakat. Karena itu sesuatu yang baik bagi majelis yang memang merupakan lembaga terhormat.

"Persoalannya siapa menyepakati siapa. Kalau mekanisme musyawarah mufakat, kita dipaksa untuk menyetujui ketua yang bukan kita ingin kan itu soal," ujar Muzani

Namun, ia mengingatkan jika mufakat tak dikehendari oleh beberapa fraksi maka lebih baik voting.

"Maka kami pun tetap ingin bahwa ketua MPR diajukan oleh fraksi Partai Gerindra. Kalau itu mau dilakukan dengan cara mekanisme musyawarah untuk mufakat, kami setuju. Tapi jika ini tidak dikehendaki ya kita voting saja," kata Muzani.

Hasil rapat dan pertemuan akan ia laporkan pada fraksi dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Sebab, Prabowo memberikan mandat untuk Gerindra menjadi ketua MPR.

"Jika harus musyawarah mufakat juga ditunggu tepat pada waktunya, jika harus voting juga ditunggu tepat pada waktunya. Artinya, malam ini diharapkan ketua MPR bisa dilantik. Apakah menggunakan mekanisme voting ataupun mekanisme musyawarah untuk mufakat," kata Muzani.

Paripurna MPR terkait penentuan pimpinan akan digelar Kamis malam ini. Dinamika prosesnya sejauh ini mengerucut persaingan antara Golkar dengan Gerindra untuk perebutan kursi Ketua MPR.

Golkar merekomendasikan Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai kandidat Ketua MPR. Lalu, Gerindra punya jagoannya yaitu Ahmad Muzani. Meski terakhir muncul ada Fadel Muhamad dari unsur DPD yang juga ingin menjadi ketua MPR.