Ada Peran Megawati Bikin Gerindra Setuju Bamsoet Jadi Ketua MPR

Megawati bertemu dengan Prabowo Subianto di Teuku Umar
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Politikus senior Golkar Bambang Soesatyo resmi terpilih dan dilantik sebagai Ketua MPR. Namun, ternyata ada peran Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dalam sidang paripurna pemilihan pimpinan MPR, Ketua Fraksi Gerindra di MPR, Ahmad Riza Patria menyebutkan secara khusus nama Prabowo dengan Megawati. Kedua nama itu disebut yang berperan dalam pemilihan Ketua MPR RI.

"Hasil konsultasi Pak Prabowo dengan Ibu Hajah Megawati maka Pak Prabowo dan Ibu Megawati sepakat untuk kepentingan lebih besar, kami sepakat jaga MPR dalam forum musyawarah dalam putuskan kebijakan penting," kata Riza dalam sidang paripurna di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis malam 3 Oktober 2019.

Sebelumnya, Gerindra menjadi satu-satunya fraksi yang belum setuju Bambang Soesatyo menjadi Ketua MPR RI. Gerindra ngotot ingin melakukan voting karena ingin kadernya, Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR RI.

Muzani pun sempat melapor kepada Prabowo sebelum paripurna digelar. Setelah konsultasi, Gerindra pun mengubah keputusannya. Bamsoet pun disepakati secara musyawarah mufakat untuk menjadi Ketua MPR RI.

Bamsoet dalam paripurna tadi juga langsung dilantik sebagai Ketua MPR RI bersama 9 Wakil Ketua MPR RI. Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali yang langsung memimpin pelantikan tersebut. [mus]