SBY Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (Foto ilustrasi)
Sumber :

VIVAnews - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo, memastikan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan menghadiri pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden masa bakti 2019-2024 pada 20 Oktober mendatang.

"Pak SBY menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam acara pelantikan presiden dan wapres hasil Pemilu 2019," kata pria yang akrab disapa Bamsoet di Cikeas, Bogor, Rabu 16 Oktober 2019.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, kehadiran SBY ingin menyampaikan pesan pada dunia bahwa suhu politik Indonesia sangat kondusif. Selain itu, kedatangan SBY dan para tokoh untuk membuktikan para pimpinan partai kompak.

"Kita tidak lagi banyak memiliki bapak dan ibu bangsa. Setidaknya hanya tinggal dua (mantan) presiden RI yang juga tokoh bangsa. Pertama Presiden RI ke-5 Ibu Megawati Soekarnoputri yang kita anggap sebagai ibu bangsa dan Presiden RI ke-6 Bapak SBY. Ini aset, guru yang harus kita teladani," katanya.

Bamsoet menambahkan, kedatangan SBY sebagai negarawan pada pelantikan Jokowi-Ma'ruf nanti juga akan memberikan keteduhan bagi kondisi politik nasional.

"Kehadiran beliau-beliau nanti tentu akan memberikan keteduhan bagi perpolitikan Tanah Air. Dan memberikan pesan yang baik kepada kepemimpinan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin," ujarnya.

Tak lupa, dalam kedatangan pimpinan MPR kali ini memberikan doa pada keluarga SBY yang masih diselimuti suasana duka, pascawafatnya Ibu Ani Yudhoyono.

"Pertemuan dengan Pak SBY berlangsung hangat, penuh keakraban dan kekeluargaan. Walaupun kami masih melihat dengan jelas kesedihan Pak SBY sepeninggal Ibu Ani dan ibundanya belum hilang. Kami sempat berdoa bersama dipimpin Kiai Hidayat Nur Wahid agar arwah beliau diterima di sisi Allah SWT," katanya.