Ketum Golkar Sebut Tetty Bupati Minsel Mungkin Batal Jadi Menteri

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memperkirakan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu bisa jadi batal menjadi menteri dalam kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Tetty datang ke Istana Kepresidenan, Senin pagi, 21 Oktober 2019. Ia mengenakan baju putih, sama seperti calon-calon menteri yang lain. Begitu masuk, ia tidak memberi komentar apa pun. 

Airlangga, yang turut dipanggil Jokowi, mengklaim bahwa Tetty bisa saja tidak diikutsertakan dalam kabinet mendatang.

"Ya, tentu karena beliau sebagai bupati, banyak hal yang dibahas. Tetapi juga belum tentu (bertemu) dengan Pak Presiden," kata Airlangga, di Istana Kepresidenan Jakarta.

Airlangga hanya mengingatkan, semua akan ketahuan setelah pelantikan nanti. Namun ia memastikan, untuk kader Golkar juga dipanggil oleh Presiden Jokowi meski tidak semua.

Tetty adalah Bupati Minahasa Selatan periode 2010-2015 dan 2015-2020. Ia tak hanya berhasil menjadikan Minahasa Selatan sebagai lumbung pertanian untuk kawasan timur Indonesia, tapi juga meningkatkan kesejahteraan wilayahnya.

Pada tahun 2017, misalnya, Minahasa Selatan berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor perpajakan. Dari target Rp11,55 miliar, realisasinya Rp12,24 miliar atau mencapai 106 persen.

Ia juga menciptakan sejumlah destinasi wisata, terutama wisata pantai dengan menciptakan sejumlah ikon yang berhasil viral di dunia maya. Tetty gencar menggiatkan wisata kuliner Minahasa Selatan yang terkenal dengan kelezatannya.