Drajad Wibowo: PAN Ikut Nasihat Amien Rais, di Luar Pemerintahan

Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais.
Sumber :
  • VIVA/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA – Partai Amanat Nasional (PAN) kemungkinan besar akan menemani PKS sebagai partai oposisi. Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Drajad Wibowo, mengatakan pihaknya sejak awal sudah tegas berada di luar pemerintahan.

Drajad menyebut pesan agar PAN di luar pemerintahan sesuai nasihat dari Amien Rais.

"Kan PAN memang sejak awal sudah menegaskan berada di luar pemerintahan. Berkali-kali saya sampaikan, kader PAN ikut nasihat Pak Amien. Tenan tho? Justru saya heran kenapa sebelum ini ada beberapa pihak yang menimbang-nimbang PAN masuk kabinet," kata Dradjad saat dihubungi, Rabu 23 Oktober 2019.

Ia menjelaskan demokrasi di seluruh dunia memerlukan checks and balances. PAN mengambil peran itu agar demokrasi Indonesia sehat.

"Agar akuntabilitas pemerintahan terjaga dengan bagus, dan agar rakyat mendapat alternatif kebijakan yang lebih baik," kata Drajad.

Adapun soal nama-nama menteri, ia menilai itu sebagai hak Presiden Jokowi. PAN nanti melihat integritas dan kinerja pemerintah saja.

Menurut dia, PAN siap memberikan kritik terhadap pemerintahan periode kedua Jokowi.

"Kalau bagus, kita apresiasi. Kalau tidak bagus, kita kritisi secara objektif. Kalau dia menjual kekayaan negara, korupsi atau hal lain yang merugikan negara, ya kita bertindak tegas untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, termasuk melalui jalur hukum," kata Drajad.

Sebelumnya, isu mencuat kembali terkait kemungkinan PAN merapat ke pemerintahan Jokowi. Hal ini merujuk pertemuan antara Ketum PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, beberapa waktu lalu.