Mahfud MD: Waktu Jadi Menhan, Saya Dapat Bekal dari Wiranto

Menko Polhukam Mahfud MD (kanan) berjabat tangan dengan pejabat lama Wiranto saat serah terima jabatan di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Mahfud MD telah resmi menggantikan Wiranto sebagai Menteri Koordinator Hukum, Politik dan Keamanan (Menko Polhukam). Mahfud menghargai Wiranto sebagai pendahulunya tersebut dengan menyebutnya teman lama.

"Pak @wiranto1947 adl teman lama. Di tempat kerjanya dia selalu memberi bekal yg baik kpd penerusnya," kata @mohmahfudmd lewat Twitter, Kamis, 24 Oktober 2019 ini.

Mahfud sebelumnya juga pernah menggantikan Wiranto sebagai Menteri Pertahanan di era Presiden Abdurrahman Wahid. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengaku mendapat bekal dari setiap pergantian itu.

"Waktu jd menhan dulu sy dpt bekal dari peninggalan beliau yg pernah menjadi menhankan/pangab. Skrng sy dibekali bahan pekerjaan yg berharga sbg menkopolhukam yg menggantikannya," ujar Mahfud.

Pada hari pertama kerjanya sebagai Menko Polhukam, Kamis, 24 Oktober 2019, Mahfud memimpin rapat internal dengan para pejabat jajarannya. Setelah rapat, dia kemudian mengikuti rapat kabinet pertama di Istana Negara.

Saat keluar kantor Kemenko Polhukam menuju Istana, Mahfud tidak memberikan keterangan kepada awak media. Dia langsung memasuki mobilnya dan menuju ke Istana.

Mahfud MD merupakan pejabat sipil pertama yang menduduk jabatan Menko Polhukam. Sebelumnya, jabatan ini umumnya dijabat mereka yang berlatarbelakang militer.