Jokowi Segera Angkat Wakil Kepala KSP untuk Dampingi Moeldoko

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Kepala Staf Presiden Moeldoko bersiap memberikan keterangan pers terkait penembakan pekerja Trans Papua oleh kelompok kriminal bersenjata, di Istana Merdeka, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo 2019-2024 tampaknya akan ada banyak penambahan untuk posisi wakil. Tak hanya wakil menteri, Jokowi segera menunjuk wakil kepala staf Kantor Staf Presiden (KSP), untuk mendampingi Moeldoko sebagai kepala staf.

Penambahan wakil kepala staf KSP tersebut, sebagai tambahan dalam struktur baru yang diberikan untuk membantu kerja Moeldoko.

"Nanti ada wakil kepala staf. Yang kedua, perubahan terjadi pada manusianya (di KSP). Struktur bawahnya tetap, deputi tetap ada 5, dan ada 3 staf khusus," kata Moeldoko, ditemui di kantornya Gedung Bina Graha kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 7 November 2019.

Struktur KSP saat ini sedikit berbeda dengan lima tahun pertama Jokowi menjabat. Untuk periode 2019-2024, tambahan tugas baru adalah melakukan delivery unit, yakni memastikan program-program unggulan terutama di kementerian-kementerian, benar-benar dirasakan masyarakat.

Moeldoko menilai, dengan tambahan beban kerja tersebut, posisi wakilnya diperlukan.

"Nanti wakil (kepala) staf lebih ke delivery unit, kepala staf lebih ke policy-nya. Akan kita bagi seperti itu," ujar mantan panglima TNI itu.

Moeldoko menjelaskan, KSP ke depan memang dirancang agar program pemerintah tidak hanya terkirim ke masyarakat. Tetapi, bisa sampai dan dirasakan. Selain itu, bekerja untuk mendorong suksesnya program pemerintah, terutama jika ada kesulitan di tataran kementerian tertentu.

Untuk posisi wakil kepala staf KSP, Moeldoko mengatakan adalah dari kalangan profesional. Terkait siapa figurnya, nanti tetap akan dipilih Presiden Jokowi.

"Nanti langsung dari Presiden. Sama kayak wakil menteri lah itu," katanya.