Megawati Tak Ingin Konsolidasi PDIP Setop Usai Juara Pemilu 2019

Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri dan Sekjen Hasto
Sumber :
  • VIVAnews/Eduward Ambarita

VIVA – Ketua Umum PDIP, Megawati Sukarnoputri, memberi pengarahan kepada seluruh Anggota DPR RI dan DRPD tentang konsolidasi partai. Konsolidasi ini dilakukan dengan cara melalui sekolah partai untuk pimpinan legislatif.

Megawati meminta para kader PDIP terus turun ke bawah dengan menguatkan konsolidisasi serta menyukseskan program-program yang sifatnya kerakyatan.

"Saya menegaskan harus segera dilaksanakan konsolidasi dan menjalankan kongres partai," kata Megawati membuka pidatonya di Wisma Kinasih Depok, Jawa Barat, Jumat 22 November 2019.

Dia menyinggung amanat Kongres V PDIP di Bali belum lama ini. Ia menyebut partai harus menyiapkan jajaran eksekutif dan legislatif yang ada di daerah maupun di pusat.

Menurut dia, pelaksanaan Kongres lalu bukan sekadar gagah-gagahan. Hal ini lantaran untuk pertama kalinya sebagai partai politik PDIP mengadakan forum tertinggi organisasi setelah Pemilu selesai.

Kata Megawati, jajaran kader PDIP harus siap menerjemahkan visi misi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Sehingga kita, saat terbentuk pemerintahan baru, kita juga sudah siap siapa yang akan di legislatif dan di eksekutif. Nah, ini semua harus bisa kalian ketahui," kata Megawati.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, menuturkan terjadi peningkatan jumlah anggota dewan, yang berada di Provinsi dan juga Kabupaten/ Kota hasil Pileg 2019.

Di tingkat pusat, jumlah anggota dewan yang duduk di parlemen Senayan, kini menjadi 128 orang dari sebelumnya sebanyak 109. Begitu juga di tingkat provinsi, PDIP menempatkan kadernya sebanyak 418 orang naik 56 kursi dibanding Pemilu 2014.

Sementara, DPRD tingkat Kabupaten/Kota, kader PDIP yang tersebar sebanyak 3.232 naik 604 orang dari sebelumnya sebanyak 2.628 kursi.

"Bahwa hasil pemilu sebelumnya kita berhasil menempatkan posisi di tingkat provinsi dan kabupaten kota yakni sebanyak 18 Ketua DPRD Provinsi dan 12 Kader partai sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi," kata Hasto.

Pantauan VIVAnews, sekolah Pimpinan Dewan PDIP ini turut dihadiri Ketua DPR Puan Maharani beserta sejumlah anggota dewan yang menduduki posisi di alat kelengkapan di DPR. Dari nama-nama tersebut ada Utut Adianto, Eriko Sotarduga, Djarot Saiful Hidayat, Ribka Tjiptaning dan Rieke Diah Pitaloka.