INFOGRAFIK: Lingkaran Istana Membesar

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Presiden Joko Widodo punya pembantu yakni para menteri di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi juga didukung pejabat setingkat menteri dan Staf Khusus yang semakin banyak. Lingkaran Istana pun bisa dibilang membesar kini.

Jokowi punya 34 menteri di Kabinet Indonesia Maju. Juga ada 4 pejabat setingkat menteri, dan 12 wakil menteri. Ditambah 14 Staf Khusus yang disebut-sebut mengakomodasi milenial, total lingkaran Istana menjadi 64 orang.

Sebelumnya, Kabinet Indonesia Bersatu era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diisi 34 menteri dan 9 orang staf khusus (total 43 orang). Jumlah personel di lingkaran Istana era Jokowi kini menyamai era Kabinet Indonesia Bersatu II SBY yang diisi 34 menteri, 18 wakil menteri dan 12 staf khusus (total 64 orang).

Tapi, era Kabinet Kerja di mana Jokowi menjalani periode pertama berkuasa hanya diisi 48 orang. Lebih sedikit dibanding kini. Untuk selengkapnya simak di Infografik berikut ini.