Sejumlah Ketua Golkar Daerah Dorong Airlangga Jadi Capres 2024

Ketua Umum Partai Golkar, yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA – Calon petahana Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mendapatkan banyak dukungan untuk memimpin lagi partai berlambang pohon beringin itu dalam Musyawarah Nasional X di Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019. Bahkan, sejumlah pimpinan Partai Golkar juga menghendaki Airlangga sebagai calon presiden pada pemilu 2024.

Usulan itu disampaikan oleh beberapa ketua DPD. Pertama, Ketua DPD Partai Golkar Sulawesi Utara Tetty Paruntu. Selain bertekad memenangkan Airlangga sebagai ketua umum, Tetty juga berharap Airlangga maju dalam pemilihan presiden.

"Kami siap memenangkan Pak Airlangga untuk pemilihan presiden yang akan datang," kata Tetty.

Ada juga Ketua DPD Sumatera Utara Ahmad Doli Kurnia. Menurut Doli, Golkar di Sumatera Utara menginginkan Airlangga menjadi calon presiden.

"Kami menyimak ada pandangan rekomendasi sisipan visi yang disampaikan ketum kita, bagaimana membangkitkan Golkar lima tahun ke depan. Kami mendukung transformasi dalam organisasi partai sehingga modern, solid, mengakar, tapi kuat secara ideologis,” ujar Doli. 

“Kami meminta kesediaan dan memilih mencalonkan kembali bapak AH (Airlangga Hartarto) jadi ketum 2019-2024. Munas penting merekomendasikan punya calon pilpres 2024, kita utamakan ketum kita bapak AH," kata Doli.

Selanjutnya, yang meminta Airlangga agar maju sebagai calon presiden adalah Ketua Partai Golkar Gorontalo Rusli Habibie. Untuk wilayah Gorontalo, kata Rusli, ada enam ketua tingkat kota/kabupaten yang meminta Airlangga mencalonkan diri sebagai ketua umum sekaligus menjadi calon presiden tahun 2024.

“[DPD Golkar Gorontalo] memohon kepada beliau bersedia kami calonkan lagi jadi ketum. Kami akan berusaha beliau jadi calon presiden 2024 agar kita tidak habiskan waktu mendorong kader lain," ujarnya.

Ketua DPD lainnya yang mengusung Airlangga sebagai calon presiden ialah Ketua Partai Golkar Nusa Tenggara Timur, Melki Laka Lena. Melki menilai kepemimpinan Airlangga cukup baik dan patut untuk dilanjutkan bahkan dalam munas ini dia menginginkan Airlangga bisa didaulat sebagai capres 2024.