Klaim Lebih dari Separuh Dukungan, Airlangga Mulai Bicara Aklamasi

Ketum Golkar Airlangga Hartarto saat acara peringatan HUT Golkar ke-55
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA – Calon petahana Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengaku telah mendapatkan lebih dari separuh dukungan untuk memimpin lagi partai itu periode 2019-2024. Dia juga mengaku laporan pertanggungjawabannya selama memimpin Golkar diterima oleh sebagian besar pengurus daerah.

"Jadi, kalau dari segi suara sudah lebih dari 50 persen. Dan kalau lebih 50 persen, laporan pertanggungjawabannya seluruhnya menerima tanpa catatan, dan kemudian seluruhnya meminta saya untuk maju kembali dan akan memilih di dalam forum Munas," kata Airlangga arena Munas Golkar di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu 4 Desember 2019.

Airlangga juga berbicara mengenai kemungkinan aklamasi dalam pemilihannya sebagai ketua umum Golkar. Bahkan jika tidak ada dukungan untuk calon lain, Airlangga memperkirakan aklamasi bisa dilakukan malam ini, meski menurut jadwal seharusnya besok.

Ketika disinggung apakah akan merangkul kubu Bambang Soesatyo dalam kepemimpinannya, Airlangga menyebut hal itu tak perlu dipertanyakan lagi. Sebab, sejak sebelum gaduh calon ketua umum dia dengan Bambang Soesatyo, kubu lawan adalah juga bagian dari kepengurusan DPP yang dipimpinnya.

“Mereka itu jadi pengurus tanda tangan saya dua tahun yang lalu, termasuk Pak Bamsoet tanda tangan saya juga. Jadi, saya pikir itu tidak menjadi isu lagi karena mereka adalah pengurus Golkar yang saya rekrut karena kita dengan demokrasi membiarkan semua mempunyai pandangan-pandangannya," ujarnya.

Menjadi ketua umum, kata Airlangga, bukanlah sesuatu yang ringan. Jabatan itu adalah amanah yang cukup berat karena menyangkut jalannya partai selama lima tahun ke depan. (ren)