Rayakan Ulang Tahun ke-73, Megawati Ternyata Ingin Sederhana Saja

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, ternyata tidak ingin ulang tahunnya yang ke-73 tahun, atau bertepatan pada 23 Januari 2020, dirayakan secara besar-besaran.

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menjelaskan, hal itu tak terlepas dari keteguhannya pada prinsip hobi Megawati yang nampaknya sederhana, mencintai tanaman, namun menjadi ajang kontemplasi guna merawat kehidupan.

“Sejak beberapa bulan yang lalu, Ibu Megawati telah memutuskan untuk tidak merayakan secara khusus. Namun ulang tahun ini menjadi momentum yang begitu penting bagi beliau untuk berkumpul dengan keluarga dan sahabat dekat," kata dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 24 Januari 2020.

Karenanya, lanjut dia, seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan memberikan kado istimewa bagi ketua umumnya tersebut dengan gerakan mencintai bumi. Hal itu jewantahkan dengan gerakan menanam pohon.

"Gerakan mencintai bumi ini bersifat wajib bagi anggota dan kader PDI Perjuangan sebagai bentuk dedikasi bagi Ibu Megawati yang begitu mencintai tanaman. Jadi politik itu sederhana. Politik itu bukan ramai di media. Politik itu karya bagi kehidupan dan masa depan," tegasnya.

Puncak gerakan mencintai bumi tersebut, dikatakannya, akan dilakukan di Jawa Barat, dangan melakukan penghijauan di lahan kritis sepanjang Sungai Citarum, Jawa Barat pada tanggal 2 Februari 2020 sebagai kado istimewa bagi Ibu Megawati Soekarnoputri.

"Ibu Megawati begitu mencintai tanaman. Menanam adalah ekspresi mencintai bumi; ekspresi menjaga kehidupan dalam keseimbangan dengan alam semesta. Karena itulah menanam adalah gerak kontemplatif yang memancarkan kemanusiaan," tutur Hasto.