Sah! OSO Dikukuhkan Jadi Ketum Partai Hanura 2019-2024

Pengukuhan pengurus DPP Partai Hanura 2019-2024
Sumber :
  • Anwar Sadat/VIVAnews

VIVA – Partai Hanura menggelar acara pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura periode 2019-2024. Dalam acara ini, Oesman Sapta Odang atau OSO kembali dikukuhkan sebagai ketua umum Partai Hanura periode 2019-2024 dengan Sekjen Partai Hanura Gede Pasek Suardika.

Ketua Panitia Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura periode 2019-2024 Benny Ramdhani mengatakan, proses pengukuhan kepengurusan ini tidak lepas dari proses internal Partai Hanura. Dimulai dari rapat pimpinan daerah yang dilaksanakan pada Oktober 2019 yang dihadiri oleh 514 Dewan Pimpinan Cabang Partai Hanura.

"Dalam kesempatan tersebut mengambil sejumlah keputusan penting, di antaranya meminta Musyawarah Nasional Hanura dipercepat yang seharusnya dilaksanakan 2020 menjadi 2019," kata Benny di JCC Senayan, Jumat malam 24 Januari 2020.

Dalam rapimda tersebut juga muncul suara akar rumput Hanura yang meminta Oesman Sapta Odang kembali maju menjadi ketua umum. Kemudian, aspirasi tersebut diserap oleh kepengurusan tingkat pusat dan menyelenggarakan musyawarah nasional pada Desember 2019.

Pada munas yang dihadiri oleh 34 pengurus DPD Hanura, menghasilkan dua keputusan penting. Yang pertama memilih OSO sebagai ketua umum. Selain itu, memberikan mandat kepada OSO untuk menjadi formatur tunggal kepengurusan Partai Hanura.

"Munas ketiga di Jakarta putuskan tetapkan Oesman Sapta dipilih dan disahkan sebagai ketua umum Partai Hanura periode 2019-2024, sekaligus berikan mandat formatur tunggal kepengurusan Hanura 2019-2024," ujar Benny.

Acara pengukuhan dimulai dengan pembacaan surat keputusan dari Kemenkumham tentang pengesahan struktur dan personalia kepengurusan Partai Hanura. Kemudian dibacakan juga struktur kepengurusan Partai Hanura yang telah disahkan oleh Menkumham Yasonna H. Laoly.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan Pataka oleh Ketua Dewan Penasihat Partai Hanura Yus Usman. Kemudian diterima oleh Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Dalam pengukuhan ini, Hadir Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Hadir juga mantan Wapres Hamzah Haz, dan politikus Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.