Zulkifli Hasan ke Sandi: Mudah-mudahan Wapres yang Tertunda

Pembukaan Kongres ke V PAN di Kendari, Sulteng
Sumber :
  • VIVAnews/Anwar Sadat

VIVA – Ketua Umum PAN 2015-2020, Zulkifli Hasan, resmi membuka Kongres V PAN di Lapangan MTQ, Kendari, Sulawesi Tenggara Senin malam, 10 Februari 2020. Dalam acara pembukaan itu dihadiri oleh sejumlah eks ketua umum PAN seperti Sutrisno Bachir dan Hatta Rajasa.

Selain itu, ada Gubernur Sultra Ali Mazi, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno, calon ketua umum PAN Asman Abnur dan Drajad Wibowo.

Namun, dalam acara ini belum terlihat Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dan calon ketua umum PAN Mulfachri Harahap. Dalam sambutannya, Zulkifli sempat menyapa satu per satu tokoh yang hadir mulai Sutrisno Bachir, kemudian Hatta Rajasa.

Zulkifli sempat menyapa Sandiaga Uno. Bahkan Wakil Ketua MPR itu menyebut Sandi sebagai wapres. 

"Wapres kita Sandiaga Uno. Beri tepuk tangan yang meriah,  wapres kita kemarin. Mudah-mudahan wapres yang tertunda karena masih muda," kata Zulkifli.

Zulkifli pun melanjutkan sambutannya dengan menyapa dua calon ketua umum PAN yakni Asman Abnur dan Drajad Wibowo. Namun, pria yang akrab disapa Zulhas itu tidak menyebut nama Mulfachri.

"Calon ketua umum PAN sahabat saya Saudara Asman Abnur, Mas Drajad Wibowo, sahabat kita, sahabat saya juga. Saya kira begitulah Pak Gubernur di PAN, kompetisi tidak memisahkan kami," kata Zulhas

Dalam kesempatan itu, Zulkifli juga menyampaikan rasa hormat kepada Amien Rais. Menurut Zulkifli, Amien Rais menyampaikan pesan kepada Ketua Panitia Pelaksana Kongres V PAN Eko Hendro Purnomo bahwa tidak bisa hadir ke pembukaan karena ada rapat penting.

"Wabilkhusus tentu yang kita muliakan, kita hormati, kita cintai, Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais yang baru saja mengirim pesan tadi satu jam yang lalu ke Mas Eko, sedang ada rapat penting. Mudah-mudahan bisa hadir, tetapi kalau tidak katanya silakan acara untuk dilanjutkan," kata Zulhas.

Setelah menyampaikan sambutannya, Zulhas pun membuka kongres dengan memainkan alat musik khas Sultra. Sampai acara pembukaan tersebut selesai, Amien Rais dan Mulfachri tidak muncul di lokasi acara. (ase)