Kongres PAN V Ricuh Peserta Saling Lempar, Amien Rais Dievakuasi

Pintu ballroom hotel tempat arena Kongres PAN V di Kendari pecah
Sumber :
  • VIVAnews/Anwar Sadat

VIVA – Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) di Kendari, Sulawesi Tenggara berjalan memanas. Bahkan saking panasnya persaingan perebutan ketua umum PAN, jalannya kongres terpaksa harus diskors sampai dengan jam 14.00 WITA.

Di dalam ruang sidang, massa berteriak dan protes dengan nada tinggi. Bahkan peristiwa saling lempar botol air mineral dan lempar kursi tak terelakkan. Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais harus dievakuasi karena kondisi yang tidak kondusif

Salah satu calon Ketua Umum PAN, Mulfachri Harahap mengakui jalannya kongres memang memanas. Penyebabnya adalah karena masalah registrasi kepesertaan dalam kongres.

"Ini kan soal kepesertaan, lagi-lagi sejak kemarin saya bilang bahwa SC (Steering Committee) harus menyelesaikan dulu persoalan-persoalan yang menyangkut masalah kepesertaan. Kita tahu bahwa ada sejumlah daerah, ada sejumlah pemilik suara yang masih diperdebatkan status kepesertaannya. Ini saya sampaikan kemarin. Kalau ini tidak diselesaikan sejak awal, ini potensi untuk menjadi masalah," kata Mulfachri saat keluar dari lokasi Kongres, Selasa 11 Februari 2020.

Mulfachri mengatakan registrasi peserta telah ditetapkan pada hari senin pukul 09.00 WITA sampai dengan 12.00 WITA. Namun banyak peserta yang tak mampu memenuhi syarat dan akhirnya panitia menggelar rapat untuk mencari solusi

"Ada berbagai macam persoalan yang diputuskan dalam rapat itu. Di antaranya soal dibukanya kembali, tapi dengan kesepakatan bahwa soal-soal yang menyangkut perdebatan, soal kepesertaan juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keputusan SC yang khusus membicarakan soal dibukanya kembali pendaftaran untuk peserta kongres," ujar Mulfachri.

Mulfachri mengatakan, meski berjalan memanas namun sejauh ini jalannya kongres masih dapat dikontrol dan merupakan hal yang biasa dalam sebuah kongres partai politik. Peristiwa saling ngotot itu, menurut Mulfachri, hanya dinamika dan sebagian kecil masalah yang terjadi namun tidak sampai merusak jalannya kongres.

Untuk saat ini, lokasi Kongres masih disterilkan dan bagi pihak yang tidak memiliki pengenal dan tidak berkepentingan tidak diperkenankan masuk."Saya enggak tahu sampai jam berapa tapi diskors untuk ruangan ini disterilkan dan mereka yang punya hak untuk masuk yang boleh berada di dalam setelah ini," ujarnya

Akibat kericuhan tersebut, pintu Ballroom hotel lokasi kongres hancur. Sejumlah peserta juga mengalami luka-luka akibat kericuhan tersebut.