Tutup Kongres V PAN, Zulkifli Hasan Akan Sowan ke Amien Rais

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menutup Kongres V PAN di Kendari
Sumber :
  • VIVAnews/Anwar Sadat

VIVA – Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) resmi ditutup. Penutupan tersebut diselenggarakan di Hotel Claro Kendari Sulawesi Tenggara, Rabu, 12 Februari 2020.

Ketua Umum PAN terpilih periode 2020-2025, Zulkifli Hasan menutup Kongres V PAN. Dalam acara tersebut tidak terlihat kehadiran Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais maupun Caketum PAN Mulfachri Harahap.

Selain Zulkifli, tokoh lainnya yang hadir adalah Hatta Rajasa, Nasrullah, Asman Abnur, Eddy Soeparno, Yandri Susanto, Totok Daryanto dan Bima Arya. Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Zulhas itu menyampaikan permintaan maaf kepada Amien Rais karena jalannya Kongres sempat diwarnai kericuhan.

"Tentu dalam perhelatan ini banyak sekali hal-hal yang oleh tim bahkan mungkin oleh saya kadang-kadang juga, keluarga yang terbawa secara terbuka, saya mohon maaf ke Pak Amien, Bu Amien dan keluarga atas apa yang terjadi," kata Zulhas Rabu, 12 Februari.

Zulhas mengatakan, apa yang terjadi tidak lebih merupakan sebuah kewajaran dan dia meyakini ini tak akan memecah belah PAN. Zulhas juga berencana ingin sowan ke rumah Amien Rais di Yogyakarta. "Mudah-mudahan pada kesempatan yang tepat nanti saya akan datang ke Jogja," ujarnya

Zulhas mengenang bagaimana Amien Rais selalu memberikan dukungan dalam berbagai hal. Salah satunya saat maju menjadi Ketua MPR. "Ini nostalgia, boleh lah, pulang dari rumah pak SBY, minta saya maju gitu, Pak SBY kan ahli strategi, tapi saya belum yakin, belum bersedia. Kemudian saya ketemu Pak Amien, saya bilang, Pak itu hak orang. Hitungannya udah kalah. Kita pada waktu itu kalah 100-an karena PPP nyebrang," kata Zulhas di lokasi.

Berkat motivasi dan dukungan dari Amien Rais, Zulhas dapat menduduki posisi ketua MPR, "Pak Amien minta waktu itu maju Insya Allah, begitu. Nambah keyakinan. Ya sudah Pak Amien kalau gitu bismillah doakan saja lah. Waktu itu kita menang 17 suara jadi ketua MPR. Itu lah saudara bergulir begitu seperti itu keadaannya," ujarnya