Psikolog UI: Gila, Ahok Religius Banget

Ahok meluncurkan buku 'Panggil Saya BTP'.
Sumber :
  • VIVAnews/ Syaefullah.

VIVAnews - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok telah meluncurkan buku 'Panggil Saya BTP, Perjalanan Psikologi Ahok Selama di Mako Brimob' yang berlangsung di Gedung Tempo Jakarta, Selasa, 17 Februari 2020.

Psikolog Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, menceritakan ketika dia diminta oleh tim Ahok untuk memberikan kata pengantar dalam buku tersebut. Ia memang merasa kesulitan ketika menulis tentang Ahok dibanding menulis masalah ilmiah.

"Saya dua kali nulis Ahok kesulitan saya sama. Nulis objektif ilmiah bisa lah deadline. Saat kritis feel nemu saya nulis pakai hati. Orang yang mau saya tulis, orang ini autentis pake perasaan juga. Terakhir ini udah dibaca sudah tapi belum dapat feel," kata Hamdi Muluk.

Akhirnya, setelah membaca tulisan atau catatan Ahok selama di Rumah Tahanan Mako Brimob Depok, Jawa Barat, sebanyak dua sampai tiga kali akhirnya Hamdi menemukan dan menyebut bahwa Ahok ini orangnya begitu sangat religius banget.

Dalam tulisan itu, Ahok kerap mencantumkan tentang ayat Al Kitab yang ia pahami tersebut.

"Gila nih orang religius banget. Dari sekian Ahok ngomong bawahnya ayatnya apa. Jadi kan kalau dipersepsi umum, embel-embel penista agama, Ahok penista agama, kafir, ateis. Jauh ini, Ahoknya religius abis," ujarnya.

Menuruthya, Ahok ini dianggap sebagai orang yang tegas dalam bersikap dan memimpin dan mempunyai integritas yang kuat.

"Karakter enggan akan berubah, tegas tidak mau tidak gampang disetir integritas eggak berubah yang berubah kebiasaan karena lingkungan sekarang lebih kalem. Lebih sabar saya kira itu yang banyak berubah," katanya.