AHY Kandidat Kuat Ketua Umum Demokrat yang Baru

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saiful Bahri

VIVAnews - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan, mengakui nama Agus Harimurti Yudhoyono menjadi kandidat kuat menjadi pimpinan tinggi partai menggantikan sang ayah Susilo Bambang Yudhoyono. Syarief mengklaim partainya punya stok banyak kader muda, meski AHY yang paling menonjol.

"Tapi yang paling menonjol memang saat ini AHY," kata Syarief di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 18 Februari 2020.

Syarief sendiri enggan berspekulasi mengenai rencana AHY dijadikan calon tunggal, meski pada pernyataan sebelumnya wakil ketua MPR itu sempat membuka wacana tersebut. Ia melihat partainya memang kali ini mengutamakan proses regenerasi di tubuh organisasi.

"Pada dasarnya proses regenerasi memang penting," kata dia.

Merujuk pada jadwal kongres partai berlambang Mercy itu, sedianya akan dilaksanakan bulan Mei, tahun ini. Syarief sebelumnya mengatakan bahwa pelaksanaan forum tertinggi di partai bisa saja berubah jika ada usulan dari kader-kader daerah dan memenuhi syarat.

"Aturan kongres Demokrat sebelumnya itu dijadwalkan bulan Mei. Tetapi saya tidak tahu, mungkin saja berubah kalau ada permintaan dari daerah," ujar Syarief usai menghadiri forum diskusi di kawasan Wahib Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu 16 Februari 2020.