Golkar Ngotot Ajukan Kader Internal di Pilgub Jakarta 2024

Ketua DPD Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Partai Golkar Jakarta diam-diam sudah menyusun strategi untuk agenda politik ke depan. Usai aklamasi pemilihan Ketua DPD partai beringin dengan menunjuk Ahmed Zaki Iskandar sebagai komandan partai di Ibu Kota, rencana itu setidaknya membidik perhelatan Pemilihan Gubernur mendatang.

Zaki pun mengakui, terpilihnya dia sudah dipertimbangkan banyak hal, terkait kepentingan Golkar Jakarta ke depannya.

"Karena tidak mungkin kalau kita tidak memiliki harapan ataupun tujuan dari yang ditawarkan profil saya ke Pilkada 2024 nanti," kata Zaki di kantor DPD Partai Golkar, Jakarta, Minggu 1 Maret 2020.

Zaki yang juga masih menjabat Bupati Tangerang dua periode ini menyatakan, proses aklamasi bukan ujug-ujug diperolehnya. Sejak dua bulan lalu melakukan safari politik, dia sudah berkeliling mulai dari organisasi sayap dan organisasi pendiri hingga pengurus partai wilayah, yang punya andil penting dalam pemilihan pucuk pimpinan.

"Dipastikan mereka mendukung program-program yang saya tawarkan dan juga mungkin profil yang sudah ada di saya," kata dia.

Namun dalam jangka waktu dekat, Zaki tak mau terlalu jauh berbicara mengenai agenda Pilkada DKI Jakarta. Mengacu UU Pilkada saat ini, perhelatan dimungkinkan berlangsung pada 2024.

Golkar sendiri terakhir mengusung kadernya maju yakni Alex Noerdin saat bertarung Pemilihan Gubernur 2012. Saat itu terpilih Jokowi yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama.

Usai pemilihan Zaki pun, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzilu, memberi sinyal agar kepengurusan yang baru dapat memunculkan kader internal sebagai calon gubernur atau pun calon wakil gubernur di pemilihan nanti.