Percepat Kongres, Demokrat Ungkap Alasannya

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan (kiri) bersama Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto (kanan) memberikan paparan pada acara diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Wakil Ketua Umum partai Demokrat Syarif Hasan membenarkan partainya akan segera menggelar kongres di Jakarta pada pertengahan bulan ini. Namun Syarif belum bersedia mengungkapkan di mana lokasi kongres akan digelar.

“Iya 14, 15. out (penutupan)-nya 16 (Maret),” kata Syarif di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 10 Maret 2020.

Anggota Komisi I DPR RI ini mengungkapkan partainya sudah menyiapkan struktur pelaksanaan kongres partai kali ini.

“OC (Organizing Committee) nya Pak partoyo, ketua sekertarisnya Andi Timo. SC (Steering Committe) nya Saya lupa,” ucapnya.

Wakil Ketua MPR RI mengakui ada percepatan waktu kongres, kareana sesuai ADART kongres harusnya dilakukan pada bulan Mei. Salah satu alasan percepatan kongres adalah akan segera dilakukannya pilkada serentak di 270 daerah pada tahun ini.

“Kita kan mau pilkada. Karena mau pilkada itu, kan keputusannya harus cepat. Diharapkan nanti keputusan yang baru yang keluarkan,” ujarnya.

Salah satu agenda kongres partai Demokrat adalah pemilihan Ketua Umum, namun Syarif enggan berkomentar terkait apakah nama kedua putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhiy Baskoro Yudhoyono (Ibas) masuk ke dalam bursa calon Ketua Umum.

“Saya nggak tahu itu, pokoknya DPC dan DPD yang punya hak suara,” katanya. (ren)