Kongres V Demokrat, AHY Maju Jadi Calon Ketua Umum

Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY mendaftar calon ketua umum Partai Demokrat.
Sumber :
  • VIVAnews/ Anwar Sadat.

VIVAnews - Hari ini Partai Demokrat menggelar Kongres V di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Acara ini hanya digelar selama sehari mengingat saat ini kondisi tengah dalam ancaman virus corona atau Covid-19.

Pada kongres ini, salah satu agenda yang akan dilakukan adalah pemilihan ketua umum Partai Demokrat periode 2020-2025. Salah satu yang sudah mendaftarkan sebagai calon Ketua Umum Partai Demokrat adalah anak sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono, alias AHY.

Sejauh ini, AHY menjadi satu-satunya kader yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Mantan Komandan Kogasma ini juga mengaku mendapatkan dukungan dari seluruh Ketua DPD selaku pemilik suara.

"Ini adalah kumpulan surat rekomendasi dari ketua DPD seluruh Indonesia," kata AHY saat mengisi formulir pendaftaran di meja panitia pendaftaran calon ketua umum, di Kongres kelima Partai Demokrat, Jakarta, Minggu, 15 Maret 2020.

Pria yang juga pernah menjadi kontestan dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta itu mendaftarkan diri untuk menggantikan ayahnya yang saat ini menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Saat proses pendaftaran, AHY diiringi sejumlah orang termasuk sang istri, Annisa Pohan.

Pada saat AHY mendaftar, sorak sorai dari peserta kongres yang meneriakkan nama AHY terdengar jelas. Mereka meneriakkan "Demokrat siap" dan "SBY yes". Selain AHY tidak terlihat berkas lain di meja pendaftaran calon ketua umum.

Rencananya, kongres ini akan dibuka secara langsung oleh Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan, penyelenggaraan kongres ini memang dilaksanakan dengan singkat, sebab bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Acara ini juga tidak ada tokoh nasional hingga presiden yang diundang dengan alasan yang sama. "Namun, setelah ini selesai nanti ketua umum terpilih akan menghadap presiden untuk menjelaskan jalannya acara berikut hasilnya," ujarnya.