Darurat Corona, SBY: Tugas Pemerintah Berat, Badai Belum Berlalu

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY melihat sudah ada kesigapan pemerintah dalam menangani penyebaran virus Corona Covid-19 ini. Dari tingkat pusat hingga ke daerah telah melakukan langkah nyata.

Namun, SBY meminta dalam permasalahan corona ini, bukan hanya peran pemerintah saja. Tapi, masyarakat juga diminta berperan untuk menjalani instruksi pemerintah. Bahkan, ia bilang dirinya ikut menjalankan instruksi pemerintah agar sementara tak keluar rumah.

"Mari kita dukung pemerintah, dengan melakukan apa yang diharapkan dan diinstruksikan pemerintah. Sudah satu minggu ini saya dan keluarga tinggal di rumah. Membatasi kegiatan dan tidak ke mana-mana. Terus ikuti perkembangan situasi di Indonesia dan negara-negara lain," tulis SBY dalam akun Twitternya @SBYudhoyono,yang dikutip VIVAnews pada Senin, 23 Maret 2020

SBY juga meminta agar masyarakat tak melakukan kegiatan yang bersifat menghadirkan orang banyak. Satu sama lain diminta untuk menjaga jarak sekitar 1,5 sampai 2 meter. Ia menekankan kembali saat ini kondisi darurat, bukan keadaan yang mengada-ada.

Menurutnya, kika masyarakat sadar untuk melakukan karantina sendiri, maka tidak perlu kebijakan lockdown

"Kalau masing-masing lakukan lockdown atau mengkarantina diri sendiri, tak perlu dilakukan lockdown di kota-kota. Penyebaran COVID-19 bisa kita batasi. Seperti negara lain, lockdown dilakukan hanya jika terpaksa, guna menyelamatkan jiwa penduduk," jelas SBY

Kemudian, kata dia, kunci untuk menanggulangi permasalahan ini adalah kedisiplinan, kesadaran masing-masing serta kepatuhan rakyat. SBY juga meminta rakyat agar tidak takut untuk memberikan saran.

Kata dia, jika memiliki saran, diharapkan rakyat dapat menyampaikannya secara baik. Pemerintah pun pasti akan mendengarkan rakyatnya.

"Selamat bertugas Pak Jokowi & pemerintah. Tugas pemerintah berat namun mulia. Perjuangan masih panjang. Badai belum berlalu. Kalau kita bersatu, Indonesia akan selamat & sukses," ujarnya.

2017/10/segelas-jus-ini-ampuh-cegah-penyakit.html