PAN DIY Ungkap Alasan Mundurnya Hanafi Rais

Mulfachri Harahap bersama Amien Rais, dan Hanafi Rais.
Sumber :
  • Dok. PAN.

VIVAnews - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Daerah Istimewa Yogakarta, Nazaruddin, mengaku telah menjalin komunikasi dengan Hanafi Rais usai mundur dari PAN. Dari komunikasi itu, Nazaruddin mengungkap sejumlah alasan di balik mundurnya Hanafi Rais dari partai yang didirikan oleh sang ayah, Amien Rais.

Nazarrudin menyebut mundurnya Hanafi Rais tak lepas dari sikap politik PAN belakangan ini. Nazaruddin mengungkapkan Hanafi menilai apa yang dilakukan oleh DPP PAN saat ini sudah di luar batas toleransi.

"Saya sudah berhasil komunikasi dengan beliau (Hanafi Rais). Benar bahwa beliau mengundurkan diri. Kenapa beliau menempuh langkah seperti itu? Karena beliau merasa bahwa posisi dan sikap yang diambil oleh PAN sekarang ini di luar batas toleransi," ujar Nazaruddin saat dihubungi, Senin, 6 Mei 2020.

Nazaruddin menuturkan jika Hanafi Rais menilai saat ini PAN telah mengkhianati keinginan simpatisan dan kadernya yang menginginkan partai menjadi antitesis bagi pemerintahan saat ini.

Nazaruddin menambahkan momentum puncak akhirnya Hanafi Rais mundur karena sikap PAN yang justru mendukung Perppu Nomor 1 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh pemerintah. Padahal simpatisan dan kader PAN banyak yang tak mendukung Perppu tersebut.

"Sebagai ketua fraksi yang bertanggungjawab terhadap sikap-sikap politik di DPR RI, beliau (Hanafi Rais) tidak mau mengkhianati para pemilih PAN. Posisi politik PAN ini di samping mengkhianati amanat konstituennya, juga akan membuat PAN akan ditinggalkan para pemilihnya," kata Nazaruddin.