Jokowi dan Keluarga Salat Id di Wisma Bayurini Istana Bogor

Sumber :

VIVA – Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Idul Fitri 1441 H, di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, Minggu pagi, 24 Mei 2020.

Wisma Bayurini merupakan tempat tinggal kepala negara. Salat Id tersebut diikuti juga oleh putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Salat dipimpin Ketua DKM Masjid Baitussalam Istana Kepresidenan Bogor Muhammadun. Dalam khotbahnya, Muhammadun menyampaikan tema 'Idul Fitri Momentum Hijrah.'

Muhammadun menyampaikan, hari raya kemenangan umat Islam adalah momentum untuk menghapus segala dosa dan kesalahan. Sekaligus, momentum untuk hijrah menuju kebaikan.

Baca juga: Lebaran di Tengah Corona, Wapres: Iman dan Takwa Hilangkan Kesulitan

"Jika sebelum Ramadan, kita saling bermusuhan, saling menghina satu sama lain, banyak melakukan kesalahan. Maka setelah hari raya Idul Fitri ini, mari kita komitmen untuk memperbaiki diri, saling rukun, saling bermaafan, saling bersatu dan saling mempererat persaudaraan,” ujar Muhammadun yang dikutip dari keterangan pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu, 24 Mei 2020.

Lebih lanjut, Muhammadun mengingatkan, sebagai sesama muslim berkewajiban untuk bersaudara sehingga harus saling berbuat baik. “Semoga hari raya Idul Fitri ini, menjadikan momentum bagi kita untuk semakin baik, semakin rukun, semakin bersatu, cinta damai, mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT,” katanya.

Salat Idul Fitri kali ini, tampak juga beberapa perangkat yang sehari-sehari bersama Presiden Jokowi. Di antaranya; Komandan Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Kolonel Inf Achiruddin, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Asisten Ajudan Presiden Lettu Inf Mat Sony Masturi, dan Pengawal Pribadi Presiden Lettu Inf Windra Sanur.

Sementara Muhammadun, selain sebagai Ketua DKM Masjid Baitussalam Istana Kepresidenan Bogor, juga bertugas sebagai anggota tim pengamanan internal Istana Kepresidenan Bogor. Adapun bertindak sebagai Bilal yaitu Herawan yang juga merupakan pegawai Istana Kepresidenan Bogor.

Setelah melakukan salat sekitar pukul 06.52 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta Kaesang kembali ke Wisma Bayurini.