Pilkada 2020, Megawati Cari Sosok Pemimpin yang Fighting Spirit

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengatakan sebanyak 45 calon kepala daerah yang telah mendapat rekomendasi dari PDI Perjuangan untuk maju Pilkada Serentak 2020 harus mengikuti sekolah partai. Menurut dia, sekolah partai bisa dilakukan secara online di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Saya memerintahkan kepada DPP PDI Perjuangan, agar mereka yang mendapatkan rekomendasi supaya tetap dan segera mengikuti sekolah partai, meskipun ada masalah akibat pandemi," kata Mega dikutip dari YouTube PDI Perjuangan pada Jumat, 17 Juli 2020.

Baca juga: Megawati: Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP Jangan Leha-leha

Kata Mega, sekolah partai adalah keharusan, dan dilakukan secara online. Harapannya, PDI Perjuangan mendapat pemimpin yang mumpuni dan mengayomi rakyat. Sebab, pemimpin yang mumpuni itu adalah pemimpin yang kokoh menjalankan Pancasila sebagai jiwa dasar dan tujuan bagi seluruh kebijakan yang diambil.

Selain itu, Mega mengatakan, pemimpin yang mumpuni itu berpengalaman dalam tata pemerintahan yang baik, mengerti bagaimana memimpin birokrasi yang baik, mengerti aspek kebijakan dan menjalankannya melalui kepemimpinan yang efektif, dan jangan lupa selalu bersama rakyat.

"Saya selalu mencari sosok calon pemimpin yang tetap mempunyai fighting spirit, dan sosok yang tidak mudah tergoyahkan dalam menghadapi ujian dan tantangan," ujarnya.

Menurut dia, tugas kepala daerah itu tidak mudah. Tapi, kalau fighting spirit itu selalu ada, pasti akan semakin banyak pemimpin di daerah yang mendapatkan apresiasi dari rakyat karena cara memimpinnya.

"Apa pun juga yang namanya seorang pemimpin tidak boleh lupa, harus menyatu antara pikiran dan nurani. Kalau kedua hal ini menjadi satu, Insya Allah maka dia, apalagi mereka yang telah diberi rekomendasi, akan bisa menjalankan dengan baik," ujar dia. (ase)