Prabowo Bongkar Rahasia Partai Gerindra

Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengatakan banyak partai yang baru muncul tapi cepat juga tenggelam. Beruntung, hal itu tidak terjadi pada Gerindra yang berangkat dari nol hingga kokoh seperti sekarang ini.

“Inilah yang sudah dibuktikan dalam 12 tahun ini dari kosong, lambat laun partai kita kokoh,” kata Prabowo saat kongres luar biasa (KLB) di Hambalang pada Sabtu, 8 Agustus 2020.

Menurut dia, ada banyak partai baru bermunculan tapi tidak sekokoh Gerindra sekarang. Dulu, kata dia, Gerindra merintis dari bawah tapi memiliki arah yang jelas.

Baca juga: Makin Banyak, Warga Positif Corona 8 Agustus: Total 123.503 Orang

“Ada partai yang banyak muncul cepet juga hilang, partai kita mantap lahirnya pun mendadak,” ujarnya.

Menteri Pertahanan RI ini menjelaskan Gerindra ketika berdiri pada 6 Februari 2008, sudah langsung bisa ikut pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tiga kali atau periode 2009-2014, 2014-2019 dan periode 2019-2024.

“Jumlah perolehan suara kita dari tahun ke tahun, dari pemilu ke pemilu terus mengalami kenaikan,” jelas dia.

Pada pemilu 2019, Prabowo menyebut perolehan suara Gerindra meningkat sebesar 2.761.856 dibandingkan 2014. Kemudian, Gerindra berhasil masuk peringkat kedua secara nasional sebesar 17.522.227 dan ini meningkat dibanding pemilu 2014 yang memperoleh suara terbesar ketiga.

“Lumayan juga sebagai partai pendatang, kita bisa menjadi partai ketiga 2014 dan sekarang kita jadi partai kedua secara perolehan suara,” katanya.

Selanjutnya, Prabowo mengungkap di balik suksesnya Partai Gerindra di kancah perpolitikan nasional yang latar belakangnya sebagai partai pendatang baru. Mungkin, karena partai ini terdiri dari aktivis-aktivis, pejuang politik yang idealis.

“Biasanya yang idealis itu penuh cita-cita tapi rata-rata isi tas agak kurang. Tapi dengan kenyataan isi tas kurang, kalian bisa senyum dan ketawa itu menandakan pejuang politik yang berani, ini menjadikan kita bisa berjalan dengan tegak,” katanya.

Selain itu, kata Prabowo, partai ini juga berhasil menempuh kader-kader terbaiknya di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/ kota. Begitu juga, lanjut dia, untuk pemilu legislatif.

“Pada tingkat DPR RI, Gerindra pada pemilu 2019 berhasil mendudukan kadernya sejumlah 78 kursi DPR RI, naik 6,85 persen dari perolehan pemilu 2014 lalu yaitu 73 kursi DPR RI,” tandasnya.