Pesan Megawati kepada Calon Kepala Daerah dari PDIP: Jangan Korupsi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, memberikan pengarahan kepada 75 pasangan calon kepala daerah yang diusung partainya itu di Pilkada Serentak 2020. Megawati mengingatkan agar para calon kepala daerah itu benar-benar mengabdikan diri kepada rakyat.

Pesan penting dari Megawati agar para kepala daerah itu tak melakukan tindak pidana korupsi.

"Satu hal, korupsi itu tidak akan bisa disembunyikan. Karena suatu saat nanti pasti kelihatan," kata Megawati saat pengumuman rekomendasi yang dilaksanakan secara virtual, Selasa, 11 Agustus 2020.

Baca Juga: Kenang Tragedi Kudatuli, Budiman: Soeharto Tak Ikhlas Mega Pimpin PDIP

Dia meminta agar para calon kepala daerah tak main-main dengan amanah partai dan rakyat. Kata Mega, proses kemerdekaan para pendiri bangsa dalam memerdekakan Indonesia harus diingat. 

"Benang merah sejarah di atas sengaja saya sampaikan agar paslon PDI Perjuangan tidak berpikir sempit. Hanya terpikir untuk kepentingan dirinya sendiri. Saya ingin mengatakan dengan jelas, kalau Anda mau korupsi sekarang itu tak bisa," jelasnya.

Dia mengaku merasa gembira karena para calon kepala daerah semakin banyak menyandang gelar pendidikan di namanya. Namun, yang jadi pertanyaan apakah gelar itu memiliki manfaat bagi rakyat.

"Pertanyaannya, melalui nuraninya, dapatkah menjawab keilmuan dia yang harus digunakan bagi kemaslahatan rakyat banyak?” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia membeberkan perjalanan panjang bangsa ini. Mulai pendirian Partai Nasionalis Indonesia (PNI) oleh Soekarno hingga menjadi PDIP saat ini. 

“Keseluruhan benang merah perjuangan Indonesia bagi dunia tersebut sengaja saya angkat kembali menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75. Hal ini sangat penting guna mengingatkan tugas panggilan sejarah kita bahwa bangsa Indonesia adalah negara pemimpin," ujarnya.

Sebelumnya, DPP PDIP mengumumkan 75 pasangan calon kepala daerah yang diusung di Pilkada 2020. Megawati bersama Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto langsung yang memimpin rapat pengumuman pasangan calon kepala daerah tahap ketiga yang digelar secara virtual. (ase)