DPR Harap Jokowi Segera Serahkan Nama Calon Panglima TNI

Lodewijk Paulus
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Wakil Ketua DPR RI bidang Poltik dan Keamanan Lodewijk Paulus, berharap Presiden Joko Widodo dapat segera mengirimkan nama calon Panglima TNI. Mengingat masa pensiun Marsekal Hadi Tjahjanto yang saat ini masih menjabat Panglima, tidak lama lagi. Termasuk perlu mempertimbangkan masa reses DPR juga.

Lodewijk baru dilantik hari ini sebagai Wakil Ketua DPR, menggantikan Azis Syamsuddin yang ditahan oleh KPK. 

"Di komisi I ada pergantian Panglima TNI ya kita menunggu kita monitor mudah-mudahan bapak Presiden segera mengajukan calon Panglima TNI karena Pak Hadi per 1 Desember ini sudah pensiun sehingga diharapkan sebelum itu dengan massa reses yang insya Allah selesai tanggal 7 kita sudah bisa memiliki Panglima TNI. Kalau enggak kita menunggu total waktu persiapan sangat sempit," kata Lodewijk, Kamis 30 September 2021.

Lodewijk juga mengatakan, dirinya nanti akan banyak berkomunikasi dengan Komisi I, komisi II dan komisi III, Baleg dan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP). Salah satu yang juga menjadi perhatian Lodewijk adalah mengenai pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional di Papua.

"Karena ini menjadi pertaruhan pula dari bangsa ini bagaimana dari kondisi pandemik dengan kondisi Papua saat ini bahwa PON bisa dilaksanakan dengan baik," ujar Lodewijk.

Lodewijk yang juga Sekjen Partai Golkar itu juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Airlangga Hartarto yang telah mempercayakan dirinya untuk mengisi posisi Wakil Ketua DPR RI. 

"Tentunya kepercayaan ini menjadi tantangan buat saya bagaimana kepercayaan diberikan sesuai tugas pokok dan fungsi dari korpolhukam ini bisa saya laksanakan dengan sebaik-baiknya. Dan tentunya saya berharap dukungan dari rekan-rekan wartawan sehingga saya bisa melaksanakan tugas ini dengan baik, tugas ini dengan amanah," jelasnya.