Ganjar Terhalang Klan Soekarno

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbicara kepada pers di sela rapat koordinas penanganan COVID-19 di Kantor Gubernur, Semarang, Senin, 28 Juni 2021.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – PDI Perjuangan (PDIP) disorot menuju Pemilihan Presiden atau Pilpres 2029. Sebagai satu-satunya partai politik yang bisa mengusung pasangan capres-cawapres sendiri di Pilpres 2024, langkah PDIP jadi perhatian.

Kurang dari tiga tahun menuju 2024, partai logo kepala banteng itu belum menyatakan sikap resminya untuk pengusungan capres. Namun, dinamika di internal partai tersebut sudah menghangat.

Beberapa kader PDIP yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani mencuat dijagokan jadi bakal capres 2024. Nama Ganjar dan Puan juga bersanding di sejumlah lembaga survei.

Internal PDIP belakangan menghangat karena beberapa kader akar rumput menyatakan deklarasi dukungan terhadap Ganjar. Mereka yang mendukung Ganjar maju nyapres menamakan sebagai Barisan Celeng Berjuang.

Manuver Barisan Celeng Berjuang ini direspons negatif Dewan Pimpinan Pusat PDIP. Alasannya, kelompok kader simpatisan itu bergerak mendahului tanpa instruksi partai.

Photo :
  • Antara/Nyoman Budhiana

Kongres PDIP: Megawati&Puan Maharani

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menganalisa dinamika di PDIP terjadi karena Ganjar belum mengantongi rekomendasi dari DPP. Menurutnya, PDIP kemungkinan lebih mendorong Puan ketimbang Ganjar sebagai bakal capres.