Target Utama PKS, Jawa Timur dan Jawa Tengah

Sekjen PKS Anis Matta.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pasang target tiga besar untuk Pemilu mendatang. Ada dua daerah yang dinilai paling potensial untuk mencapai target Pemilu 2014 itu.

"Insya Allah, kalau kita lihat, tren kita yang paling bagus adalah bila melakukan penetrasi lebih besar di daerah gemuk seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Sekretaris Jenderal PKS Anis Matta usai penutupan Munas PKS, Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu 20 Juni 2010.

Untuk itu, salah satu strategi PKS adalah merangkul Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU). Tidak hanya itu, selain menggandeng dua ormas besar itu, PKS juga akan bekerjasama dengan partai-partai kecil lainnya.

"Itu salah satu strategi pendekatan yang akan kami lakukan," kata politisi PKS yang juga Wakil Ketua DPR ini. Selain itu, pencapaian target menang tiga besar pada pemilu 2014 akan menjadi tugas pengurus partai di tingkat wilayah.

Segala penetapan hasil musyawarah dari Munas II akan segera disebar ke tingkat wilayah. Nantinya, hasil ini akan dikaji bagaimana kesanggupan pengurus dan kader di daerah itu untuk mencapainya.

Setiap wilayah akan mendapat tugas capaian masing-masing. "Karena setelah (munas) ini akan ada pemilihan lagi untuk pimpinan tingkat wilayah dan tingkat kabupaten kota," ujarnya lagi.

Struktur kepengurusan yang ada sekarang ini, kata anis, akan berubah pada tahun 2012 nanti untuk menjadi tim pemenangan pemilu.

"Jadi struktur ini bekerja nanti sampai 2012, setelah itu kita buat adaptasi baru yang seluruhnya harus bekerja untuk pemenangan pemilu," tegas dia. (hs)