Golkar Klaim Unggul di Pilkada Sumbar

Pilkada Jatim
Sumber :
  • Antara/Saiful Bahri

VIVAnews --Partai Golkar mengklaim menang di Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Barat, dengan mengusung pasangan calon gubernur Marlis Rahman-Aristo.

Hasil itu diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan posko pemenangan Golkar, selama proses penghitungan suara berlangsung. Golkar unggul tipis dari pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pasangan Marlis Rahman-Aristo (Golkar) mengantongi 30.03 persen suara atau 72.895 suara, dan Irwan Prayitno-Muslim Kasim (PKS) dengan mengantongi 71.720 suara atau 29,54 persen.

Sedangkan, pasangan Fauzi Bahar-Yohanes Dahlan menjadi pengumpul suara ketiga terbanyak dengan perolehan suara 22,17 persen atau 53.817. Endang Irzal-Asrul Syukur mengantongi 40.710 suara atau 16,77 persen. Pasangan Edi Warman-Husni Hadi meraih suara terkecil yakni 3.585 persen atau 1,47 persen.

Meski demikian, hasil yang dilansir Golkar berbeda dengan real count PKS yang menyatakan pasangan Irwan-MK (PKS) sebagai pemenang sementara Pilkada gubernur.

Hasil hitung cepat Lembaga Survei Indonesia (LSI) juga menyatakan Irwan-MK (PKS) sebagai pemenang. Dimana LSI mencatat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Hanura ini dalam penghitungan sementara LSI memperoleh 31 persen suara dari 46 persen suara yang masuk.

Laporan: Eri Naldi | Padang