LSI Denny JA: Masyarakat Tamatan SD Paling Banyak Memilih Prabowo-Gibran

Gibran Rakabuming Raka saat belajar naik kuda dengan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • istimewa.

Jakarta – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis temuan riset terbarunya jelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Temuan LSI Denny JA terkait pemilih duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Direktur Citra Publik LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas menjelaskan masyarakat berpendidikan tamat SD ke bawah banyak milih pasangan Prabowo-Gibran dibandingkan paslon Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Jumlah tamatan SD yang memilih Prabowo-Gibran dimaksud mencapai 43,1 persen. 

“Masyarakat dengan pendidikan tamat SD ke bawah paling banyak memilih Prabowo-Gibran (43.1 persen) Sedangkan pendidikan SMP sederajat paling banyak memilih Prabowo-Gibran (43.2 persen),” kata Hanggoro Doso Pamungkas dalam paparannya secara daring, Selasa, 24 Oktober 2023. 

Prabowo Subianto Rakernas II Partai Golkar

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menuturkan terkait segmen pendidikan SMA sederajat, paling banyak memilih Ganjar-Mahfud sebesar 40,6 persen. Begitu juga dengan pendidikan tamat D3 ke atas, paling banyak memilih Ganjar-Mahfud 35.4 persen. 

“Anies dan Muhaimin mendapatkan suara tertinggi kedua di kalangan pendidikan D3 ke atas, walau masih kalah oleh Ganjar-Mahfud 27.8 persen,” jelas Hanggoro. 

Sementara, dia menyebut dari segmen gender, laki-laki maupun perempuan pilihan paling banyak kepada Prabowo-Gibran. 

“Di kalangan pemilih laki-laki, Prabowo-Gibran mendapatkan 40.0 persen. Di kalangan pemilih perempuan Prabowo-Gibran mendapatkan 38.5 persen,” ujarnya.

Gibran Rakabuming Raka saat hadir di Rakernas Projo VI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pun, dalam temuan lain LSI Denny JA, menyampaikan duet Prabowo-Gibran unggul telak jika head to head dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Keunggulan Prabowo-Gibran itu jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran dan ada dua pasangan calon yang masuk. Dari hasil survei LSI Denny JA itu, Prabowo–Gibran meraup 52,5  persen. Sementara, Ganjar Pranowo – Mahfud MD meraih 44,4 persen.

Untuk diketahui, LSI Denny JA melakukan survei ini dengan metode tatap muka (face-to-face interview) dan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia.

Dengan 1.200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9 persen. Survei tersebut dilakukan pada tanggal 4-12 September 2023.